Sop Saudara Asli Pangkep Jalan Irian Makassar

Saturday, January 25, 2014 muhammad akbar 28 Comments

Sop Saudara Jalan Irian
Sop Saudara merupakan kuliner khas Pangkep, Sulawesi Selatan berupa hidangan berkuah dipadukan dengan daging sapi, bihun dan perkedel kentang. Semangkok Sop Saudara dihidangkan dengan sepiring nasi. Sop Saudara memang berasal dari kabupaten Pangkep sekitar 60 km dari kota Makassar. Jika berkunjung ke Pangkep maka sering ditemui Warung Sop Saudara + Ikan bolu bakar (ikan bandeng) di pinggir jalan. Pangkep memang dikenal sebagai kota ikan bolu, jadi kebanyakan warung memadukan sop saudara dan ikan bolu karena itu sudah satu paket yang tak terpisahkan. 

Sop saudara juga diartikan sebagai Saya Orang Pangkep Saudara!!!

Dengan semakin dikenalnya kuliner khas pangkep ini, maka di kota Makassar pun semakin banyak warung yang menyajikan Sop Saudara, namun ada beberapa warung tidak menghidangkan menu ikan bolu bakar. Walaupun sudah ada di kota Makassar namun ada satu hal yang tak pernah hilang, dimana nama warungnya selalu dengan nama Warung Pangkep walaupun berada di Makassar.

Saat ini Sop saudara merupakan salah satu kuliner yang patut dicoba jika berkunjung ke Makassar. Sebagai orang Makassar saya sangat merekomendasikan Warung Pangkep Sop Saudara Jalan Irian, tentunya berlokasi di jalan Irian sesuai dengan namanya. Tak sulit untuk menemukan warungnya karena berada di pinggir jalan dekat dari Pasar Sentral Makassar, selain itu juga dekat dari Lapangan Karebosi Makassar. Oiya, jalan irian saat ini sudah berganti nama dengan jalan Dr. Wahidin S. Husodo tapi yang paling dikenal masih jalan irian. Jika anda masih belum mengerti dan takut tersesat silahkan bertanya di tukang becak yang berjejer rapi di depan Karebosi Link dengan senang hati anda akan diantar.

Papan nama Warung Pangkep Sop Saudara Jalan Irian
Sop Saudara Jalan Irian sudah sangat terkenal dan menjadi tempat favorit berburu kuliner, terlihat dari tempat duduknya yang penuh bahkan untuk duduk pun saya harus mengantri. Warungnya berada di kompleks ruko jadi duduknya memanjang kedalam. Saya memesan Sop Saudara + nasi dan minumnya teh botol. Dengan perasan jeruk nipis dan sedikit kecap dan saos, tak lupa juga saya menambahkan telur itik rebus.  Hanya ada satu kata untuk cita rasanya manyyoooosssss.

Cita rasa bumbu rempah-rempahnya sangat terasa nikmat dan membuat saya semakin lahap. Selain Sop saudara ada juga menu lain yang bisa anda coba, ada konro, kikil, paru dan lidah. Semuanya punya cita rasa sendiri, tapi saya belum mencoba menu lainnya selain sop saudara. Semangkok sop saudara dengan sepiring nasi dihargai dengan Rp. 25.000,-.

Berkunjung ke suatu tempat tanap mencoba aneka kulinernya itu rasanya kurang lengkap. Jika anda berkunjung ke kota Makassar, patutlah melipir ke Warung Pangkep Sop Saudara Jalan Irian untuk menikmati menunya yang manyoos. Lebih penting lagi untuk diketahui kalau Warung Sop Saudara juga buka selama 24 jam. Lapar tengah malam, sop saudara bisa jadi solusinya.

Paket Manyooss
Menu Konro Makassar
Tampak Dalam Warung
Lets travel to experience the beauty of Indonesia
@indonesianholic
www.indonesianholic.com

28 comments:

  1. Hoalah, baru tahu apa maksudnya SOP Saudara, kemaren ke makassar penasaran apa arti sop saudara, kenapa harus ada nama saudara :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suadara untuk panggilan kepada orang secara sopan.

      Delete
  2. Waduh jadi ngiler pas dibaca... pasti saya akan coba kalau ke makassar... eh ni tempat berarti dekat dengan konro bakar di karebosi ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo ke Makassar lagi,
      lokasi Konro Karebosi dengan Sop Saudara agak jauh sedikit, tapi tidak terlalu jauh juga.

      Delete
    2. Makassar memang selalu Top dengan tipe makanan yang daging bertulang ya... tapi jujur saja waktu ke makassar saya jarang nemu resto yg enak kecuali konro bakar karebosi

      Delete
    3. banyak kok resto yang enak mulai dari kelas restoran sampai warung kaki lima., itu karena belum nyobain semua.

      Delete
    4. Daerah mana kak yg banyak resto enak..? Saya biasayanya cuma makan dibdaerah BTP, mall dan resto-resto pinggir jalan lain yang saya lupa alamatnya...

      Delete
    5. Resto tergantung jenis kulinernya,
      1. Coto Makassar
      Coto Nusantara di Jl. Nusantara
      Coto Gagak di Jl Gagak
      Coto Maros di Jl. Urip Sumoharjo (dekat pool bus LIMUN)
      Coto Paraikatte di Jl. Pettarani dan Jl. Perintis

      2. Pallubasa
      Pallubasa Serigala di Jl. Serigala

      3. Mie Titi
      Mie Titi Jalan irian di Jl. irian, Jl.Perintis, Jl. Boulevard dan BTP

      Delete
  3. Saya pernah mencicipi SOP nya.. gurih2 enyoii pokoknya.. salam kenal gan

    ReplyDelete
  4. uenak pasti inii.. udah lama gak ke makassar

    ReplyDelete
  5. ooh.. itu ya artinya... kirain orang makassar sadis2.. saudara sampe dibikin sop... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makassar orangnya ramah-ramah, makanya setiap orang dipanggil saudara artinya dianggap seperti saudara.

      Delete
  6. salam kenal....

    cerita konro ini, ejie pun sempat nyicipin konro di surabaya. enak juga maknyus!
    boleh cicip konro ejie di link ini ;) silahkan blogwalking yaaaaaaa....

    http://ejiebelula.wordpress.com/2013/04/26/sop-konro-makassar-di-surabaya/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal
      ohw, ternyata di surabaya ada juga Konro'

      Delete
  7. Kakak ... aku dah comment di postingan ini kok ilang ???? Aku marahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh
    Btw aku trauma makan sop sodara pangkep ini, perna ketipu di pangkep nya. Kita tanya harga ikan bakar nya brp ??? di jawab paket cuman 15-20 ribu dah termasuk nasi dan minum. Saat pesanan kamu datang, kami di kasih kuah sop, kita tanya ngak pesen sop kok, cuman ikan bakar aja.


    Penjual nya bilang, itu dah termasuk paket nya, akhir nya kita terima. Saat bayar jadi 40 ribu, karena sop nya di itung 15 ribu, teh tawar 50 ..... ANJINGGGGGGGG Sial tuch warung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di Pangkep memang sudah 1 paketan sop saudara dan ikan bakarnya. Sebenarnya tergantung sih dari apa yang kita makan itu yang kita bayar.

      Warungnya mungkin tau kalau mas cumi punya banyak uang. anggap saja sedekah. heheh

      Delete
  8. sop saudara ini rasanya beda ama coto makasar ya?
    Wah, nanti kalo aku ke Makasar....boleh donk jadi guideku, hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sop saudara dan Coto Makassar sama sama isi daging sapi tapi kuahnya sangat jauh berbeda.
      Siap donk kak jadi guide,
      Insya allah, asal saya ada di makassar ketika kak debbzie ke Makassar.

      Delete
  9. ohohoho.. jadi inget kaju lawo di sop saudara :D mantabs...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehhehe, mengingatkan yah,
      Tapi di Sop Saudara jalan irian gak ada menu kaju lawo.

      Delete
    2. kalo gitu masak sendiri aja Bar :p

      Delete
    3. saya taunya cuma makan, gak tau masak. hehhehe

      Delete
  10. Ah.. Jadi mau makan sop saya kan . hehe
    Ijin meninggalkan info yah mas :)

    Jika butuh Kemasan Makanan bisa hubungi kami Greenpack.

    ReplyDelete
  11. Enak bangets tuh, tapi kalau ke Makasar menu kuliner buruan saya yang pertama adalah konro bakar. Rasanya tuh nendang habis,

    ReplyDelete
  12. ngeliat fotonya aja uda nelin lidah, gimana rasanya ya, psti ajibbb

    ReplyDelete
  13. Kangen banget sama sop saudara. Makassar memang kejam, sodara juga dijadiin sop wkwkwkw... Btw thanks for share.

    ReplyDelete

Pembaca yang baik yang meninggalkan komentar