Aneka Kuliner Favorit Selama di Cepu

Friday, March 28, 2014 muhammad akbar 17 Comments

Ini sebuah catatan saya dalam menjajah kuliner di Cepu. Tak perlu begitu kaget dengan nama kota tersebut, bukan tentang pengalaman ngebolang saya melainkan ini hanya pengalaman saya selama di Cepu yang hampir enam bulan menjalani proses pendidikan. 

Cepu merupakan sebuah kota kecil, salah satu kecamatan di Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Cepu juga merupakan gerbang terakhir Jawa Tengah sebelum masuk Jawa Timur dimana hanya dibatasi oleh sungai Bengawan Solo. Selain itu Cepu juga dikenal sebagai kota minyak karena terdapat banyak sumur minyak.  Masih membutuhkan penjelasan tentang Cepu? selengkapnya baca disini

Dua tahun terakhir selama di pulau jawa, seperti yang saya ceritakan sebelumnya kalau saya menghabiskan waktu sekitar enam bulan di kota Cepu untuk mengenyam pendidikan di Pusdiklat Migas Cepu, salah satu instansi pelatihan dan pendidikan minyak dan gas dibawah naugan Kementrian ESDM. Kota ini telah banyak melahirkan para pekerja kilang yang sudah tersebar di seluruh perusahaan Migas yang ada di Indonesia maupun yang ada di dunia, semuanya berawal dari dari sini. Tak hanya itu di Cepu juga terdapat  AKAMIGAS STEM, perguruan tinggi kedinasan kementerian ESDM. Akamigas merupakan sekolah dibawah kerjasama kementerian.
Selama di Cepu saya tinggal di Widya Patra 3, gedung tiga lantai milik Pusdiklat Migas yang diperuntukkan untuk para pelajar dengan suasana seperti asrama atau mess. Hidup disini serba terjamin dari transport, laundry dan makan. Khusus untuk masalah makanan, ini yang menjadi kendala saya selama di Cepu. Beberapa menu yang disajikan tidak sesua dengan tenggorakan saya, solusinya cari jajanan di luar.

Ada beberapa warung makan yang sangat saya rekomendasikan jika anda sedang berada di Cepu.

BAKSO & MIE AYAM MUTIARA
Bakso dan Mie Ayam Mutiara lokasinya di Jalan Sorogo tepatnya di depan Pusdiklat Migas Cepu. Sesuai dengan nama warungnya, menu yang tersedia ada Bakso, Mie Ayam dan Mie Ayam Bakso. Jika kalian bertanya apa menu pavorit saya kalau datang kesini pasti jawabnya Mie Ayam Bakso, harganya tidak mahal amat sesuailah dengan isi dompet. Semangkok Mie Ayam Bakso dihargai Rp. 10.000,- , Murah kan??!!!

Mie Ayam Bakso

AYAM KREMES DEPOT PAK KUMIS
Ayam kremes depot pak kumis lokasinya di kawasan taman 1000 lampu dekat dari RSUD Cepu. Menunya disini ada banyak seperti warung makan pada umumnya tapi yang sangat populer ayam kremes. Ayam goreng yang diselimuti campuran telur dan tepung makanya disebut ayam kremes, tak hanya itu sambalnya juga sangat khas dan ada juga lalapan. harganya sedikit lebih mahal tapi jika dibandingkan dengan rasanya itu tak ada apa-apanya, 1 porsi ayam kremes dihargai Rp. 19.000,-. Pokoknya makan disini dijamin manyoos dan paling enak ditutup dengan Es Teh.

Paket Ayam Kremes

SOTO LAMONGAN CAK BONDET
Soto Lamongan cak bondet lokasinya di jalan Stasiun KA dekat dari SMA 1 Cepu. Sesuai dengan namanya disini tersedia Soto Lamongan itu artinya kuliner ini berasal dari Lamongan. Setiap daerah punya penamaan soto sesuia dari daerah asalnya namun yang berbeda dari soto lamongan adalah semangkok sop sudah dicampur nasi didalamnya, isinya ada daging ayam, irisan telor dan bawang goreng.

(Sumber : kaskus)
CFC
Ini bukan Ayam KFC pada umumnya namun rasanya beda tipislah. CFC ini lokasinya di Jl. Pemuda dekat dari bekas rel KA. Ada beberapa paket yang tersedia tapi saya sering milih menu paket 4 (nasi + dada + es teh) dari segi harga sangat bersahabat, hanya Rp. 13.500,- sudah bisa memilih paket ini. CFC juga bisa delivery untuk area Cepu & sekitarnya. Restorannya dua lantai dan di setiap dindingnya terdapat lukisan musik, pokoknya tempatnya cukup keren lah untuk yang pengen suasana romantis terutama yang di lantai 2.

CFC Cepu Fried Chicken

Let's Travel to Experience The Beauty of Indonesia
Follow Twitter @indonesianholic



17 comments:

  1. Aku merindu soto lamongan langsing original nya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau soto saya lebih suka soto semarang dan soto banjar.

      Delete
  2. itu diatas soto lamongan ad topping apa ya mas?

    ReplyDelete
  3. Halo Bang, artikelnya kereeen! Penasaran aku, belum pernah coba makan soto lamongan.. hehe
    :D
    salam kenal bang, aku newbie Celoteh backpacker :D

    ReplyDelete
  4. Yang kelihatan menggoda banget adalah mie ayam bakso dan ayam kremesnya...

    ReplyDelete
  5. Baksonya kelihatan khas banget :D
    Halo gan.. nitip info nih. Jika ada yang butuh Dus Makanan bisa hubungin kita Greenpack :)

    ReplyDelete
  6. Diatas sotonya ada bumbu koya khas lamongan.. aihhh..kangen

    ReplyDelete
  7. Hmm.. meski standar, tapi banyak pilihan. Kapan2 mampir deh

    ReplyDelete
  8. Mie ayam baso nya entah perasaan ane aja apa emang nyata ya ? kok porsi nya dikit bgt ? -_-

    Watch movie online

    ReplyDelete
  9. halo salam kenal..
    saya asli cepu yang lagi cari nasi di malang.. ^_^
    lagi kangen kampung halaman nih.
    thanks share nya

    ReplyDelete
  10. Yang kelihatan menggoda banget adalah mie ayam bakso dan ayam kremesnya...

    ReplyDelete
  11. yang bikin menelan air liur tuh mie ayam baksonya. jadi kepingin

    ReplyDelete
  12. Selama 2thn dicepu blm prnh ngrasain mie ayam n bkso yg enak.

    ReplyDelete
  13. Wahh saya punya teman nih di cepu, kapan-kapan tanya ah apa bener itu mie ayam bakso enak disana hehehe. Soal CFC di beberapa tempat di jawa timur emg udah banyak yang jual, dan rasanya lumayan lah dan lebih murha dari KFC wkwkwkw

    ReplyDelete
  14. soto lamongan paling enak diantara soto yang lain jadi kepingin

    ReplyDelete
  15. Semua minumannya es teh... Apapun makanannya, minumnya es teh...

    ReplyDelete

Pembaca yang baik yang meninggalkan komentar