Cinta Pahlawan dan Sosok Pahlawan Saat Ini

Monday, November 10, 2014 muhammad akbar 30 Comments

Sejarah telah mengukir bahwa tragedi 10 November 1945 di kota Surabaya mengingatkan kita tentang sosok heroik Bung Tomo yang dengan lantang berteriak mengusir penjajah dari Indonesia, maka sejak saat itu setiap tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan, untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur mendahului kita dan kota Surabaya dideklarasikan sebagai kota pahlawan terbukti dengan adanya Monumen Tugu Pahlawan Surabaya.

Terlahir setelah Indonesia mendeklarasikan kemerdekaannya adalah sebuah anugrah, namun kita tak mesti harus berbangga diri. Ada orang-orang yang telah berjuang yang rela meluangkan waktu, tenaga, materi bahkan nyawa sekalipun demi kemerdekaan bangsa Indonesia. Mereka itu disebut sebagai pahlawan, meskipun sebenarnya terlalu banyak orang-orang yang berjuang tapi belum sempat tertuliskan namanya dalam deretan daftar nama pahlawan. Mungkin beberapa dari kita masih mengingat bahwa sejak bangku sekolah dasar kita sudah dikenalkan akan sosok pahlawan yang biasanya foto digantung di dinding belakang. Saat ini apakah masih terpasang foto pahlawan itu?  jawabannya mungkin beragam tapi saya berharap itu tidak hilang. Sungguh ironi jika anak zaman sekarang justru lebih mengenal superhero dibanding pahlawannya sendiri.

Pahlawan Indonesia terbagi dari beberapa macam sesuai dengan zaman mereka berjuang, ada pahlawan perintis kemerdekaan, pahlawan kemerdekaan nasional, pahlawan proklamator, pahlawan kebangkitan nasional, pahlawan ampera, dan pahlawan tanpa tanda jasa. Sebenarnya zaman sekarang ada pahlawan paling fenomenal yang terkadang terlupakan, mungkin beberapa diantara anda sendiri sebagai pahlawannya. Mereka itu dikenal sebagai pahlawan kesiangan dimana sosok yang datang tiba-tiba yang memberikan bantuan dibalut dengan pencintraan. apakah anda termasuk pahlawan itu? Ok, tak perlu dijawab cukup anda sendiri yang tahu.

Pemuda - Pemudi Cinta Indonesia
Sebenarnya dalam postingan ini saya akan menanyakan tentang sosok pahlawan idaman mereka. Mereka ini siapa? mereka yang ada dalam foto di atas, yang mana  kami tergabung dalam Generasi Cinta Indonesia. Tentunya sebagai anak muda cinta Indonesia, kami punya pandangan tersendiri. Mari simak penuturan mereka dalam project Cinta Pahlawan dan Sosok Pahlawan Saat Ini. 

1. Surya Pandu Perdana Putra 


Surya Pandu Perdana Putra, begitulah nama lengkapnya tapi lebih familiar dengan nama uya atau uppa'. Matanya sipit mirip perawakan tionghoa tapi dia asli Indonesia kok. Siapakah pahlawan idaman dan sosok pahlawan saat ini di mata dia?

Wage Rudolf Soepratman
"Pahlawan di masa lalu yang menurut saya berjasa adalah Wage Rudolf supratman. Dia adalah pengarang lagu kebangsaan Indonesia 'Indonesia Raya'. Beliau adalah seorang pemain biola dan pandai mengubah lagu, itulah mengapa saya pilih beliau karena saya pemain biola juga. Bukan hanya itu, jika seandainya tak ada beliau siapa yang akan menciptakan lagu nasional kita. Beruntunglah kita punya beliau di masa lalu, karena kalau tidak ada beliau yang mengubah lagu nasional kita, saya ragu apakah lagu nasional kita akan semegah dan sesakral seperti yang kita dengan sekarang. Salute to WR Soepratman."

Ibu dan Bapak Guru
"Jika ditanya siapakah pahlawan yang berjasa di masa kini saya tidak akan menjawab dia adalah politikus, visioner atau seseorang yang menjabat di pemerintahan. Yah, kita tau mereka sudah berbuat hal yang besar terhadap bangsa ini. But honestly, I personally didn't feel the effect. Rakyat kecil masih harus berjuang untuk menyambung hidup. My hero is my teachers, karena merekalah saya bisa seperti apa saya sekarang. Guru-guru tidak harus di bangku sekolah, mereka bisa saja orang tua, instructors di pabrik atau bahkan teman-teman kita sendiri. Terima kasih guru."

2. Rezki Paradigma 


Perempuan dengan balutan hijab orange ini adalah Rezki Paradigma, kami sering memanggilnya kiki atau kiko. setiap harinya dia memakai kacamata, tapi gak tau kenapa di foto ini dia gak pake, orangnya dewasa dan berjiwa keibuan banget dan paling penting dia pintar masak. Ngomongin tentang pahlawan dan sosok pahlawan saat ini, dia punya penuturan sendiri.

Cut Nyak Dhien
"Saya kagum dengan sosok Cut Nyak Dhien, perempuan pemberani dari Aceh. Beliau seorang perempuan tapi dia rela berjuang dan memimpin rakyat Aceh untuk berjuang melawan penjajah Belanda. Beliau seorang wanita mandiri dan tangguh, dia tetap melanjutkan perjuangan rakyat Aceh walaupun dia ditinggal oleh Teuku Umar suaminya sendiri yang gugur di medan perang. Saya bangga dengan Cut Nyak Dhien."

K.H. Abdullah Gymnastiar
"Pahlawan saat ini menurut saya adalah Aa Gym, beliau membangun citra sebagai sosok pemuka agama yang berbeda dengan ulama lainnya. Pesan-pesan dakwahnya berkisar pada pengendalian diri, hati nurani, toleransi, dan keteguhan iman. Selain itu cara berdakwahnya juga bagus."

3. Resky 


Nama Lengkapnya Reski, biasa dipanggil Kikan. Terkadang orang mengiranya perempuan karena hanya melihat namanya tapi jangan salah dia punya paras tampan loh. Dia juga hebat dalam memainkan alat musik gitar, petikan gitarnya terkadang membuat kita hanyut. Orangnya agak pendiam tapi ngomongin tentang pahlawan dia punya cerita sendiri.

Pong Tiku
"Pong Tiku adalah pahlawan asli dari Tana Toraja, sama dengan tanah leluhur saya. Beliau lahir, tumbuh, dan menjadi seorang pejuang di tengah hutan dengan segala kekurangan yang ada. Beliau mengajarkan arti sebuah kesederhanaan dimana kita berjuang bukan dari hal-hal yang besar tapi perjuangan itu bisa dimulai dari hal-hal yang kecil. Sebagai contoh, beliau melawan Belanda hanya bermodalkan lada khas Toraja 'lombok katokkon'. Lada ini dihancurkan kemudian dimasukkan dalam meriam yang terbuat dari bambu lalu ditembakkan. Dari senjata sederhana itulah kemudian beliau bersama pasukannya bisa merebut senjata Belanda."

Anies Baswedan
"Saya suka Anies Baswedan dari gaya kepemimpinannya. Beliau dikenal dari gebrakan program Indonesia Mengajar. Memperjuangkan pendidikan anak bangsa mulai dari pedalaman. Tidak mudah untuk melakukan itu semua, dibutuhkan keyakinan, komitmen, dan kerja keras untuk mewujudkannya."

4. Hajar Hasanuddin


Hajar Hasanuddin itulah nama lengkapnya. Dia bukan anak dari pahlawan Sultan Hasanuddin,tapi dia adalah putra kebanggaan dari pak Hasanuddin. Orangnya sangat kreatif dalam hal desain. Dia juga sangat telaten dalam mengerjakan sesuatu, setiap pekerjaannya tidak pernah asal-asalan. Tak kalah pentingnya dia jago dalam hal meracik masakan. Bagaimana penuturannya tentang Pahlawan?

Pahlawan Nasional
"Saya kagum kepada semua pahlawan, karena mereka berjuang dengan hati. Mereka berjuang atas dasar kesadaran akan kewajiban, mereka membela dan membangun negara ini. Kata dan tindakan sejalan."

Diri Sendiri
"Saat ini susah dibedakan terhadap apa yang masyarakat lihat terhadap apa yang orang lakukan dan itu menguntungkan buat mereka, maka mereka akan menyebut orang tersebut 'pahlawan'. Tapi benarkah itu? Butuh Kejelian dalam menanggapi hal tersebut. Bagiku, pahlawan saat ini adalah diri kita sendiri, yang berusaha bangun dari keterpurukan keadaan. Membangun negeri ini dalam kesendirian. Suatu saat yang sendiri akan berkeseinambungan, karena sebetulnya kita tidak sendiri."

5. Palaguna


Palaguna nama lengkapnya. Orang biasa memanggilnya Gugun, Gun-Gun, dan Guna. Dia suka travelling, saya pernah travelling bareng ke Bromo tahun lalu. Dia penggila warna biru, baginya biru adalah segalanya. Dia juga seorang penikmat kuliner dan Coto Makassar adalah salah satu kuliner favoritnya

Syekh Yusuf Abdul Mahasin Thajun Khalwati Al-Makasari Al-Bantani
"Saya sangat kagum dengan Syekh Yusuf. Beliau merupakan putra asli tanah Gowa, Sulawesi Selatan. Jarang kita temukan tokoh agama lintas negara bahkan benua. Beliau sangat diterima oleh masyarakat dimana beliau berdakwah."

Ibu dan Bapak Guru se-Indonesia
"Bagi saya para guru se-Indonesia, kalianlah the real hero yang saya kagumi. Kalian adalah programmer buat para penerus bangsa. Di tangan kalianlah masa depan bangsa yang cerdas serta bermartabat dicetak."

6. Toety Anggriani Suharto


Perempuan kelahiran Luwuk, Sulawesi Tengah ini bernama Toety Anggriani Suharto. Dia bukan anak presiden soeharto cuma kebetulan nama bapaknya Soeharto. Dia hobbi menyanyi dan musik country adalah musik favoritnya.

Ibu Fatmawati Soekarno
"Saya kagum dengan Ibu Fatmawati Soekarno, perjuangannya melampaui batas-batas pemikiran para pejuang bangsa. Beliau telah menyiapkan bendera Merah Putih selama satu setengah tahun dan disinilah fakta terungkap bahwa ibu Fatmawati tidak sekedar berperan sebagai penjahit bendera pusaka. Terlalu sulit untuk mengukur secara konkrit betapa besarnya jiwa kepahlawanan yang telah beliau sumbangkan kepada Nusa dan Bangsa Indonesia."

Simon Santoso
"Pengorbanan seorang pahlawan tidak harus identik dengan pengorbanan nyawa. Seorang olahragawan seperti Simon Santoso pantas juga disebut sebagai pahlawan karena dia juga berjuang dalam olahraga bulutangkis membawa nama Indonesia."

7. Muhammad Akbar

Muhammad Akbar, tapi orang lebih mengenal saya dengan nama Akbar. Saya penikmat segala jenis musik tapi tak ada satupun alat musik yang bisa saya mainkan. Saya penikmat kuliner dan semua teman saya tahu, bagi saya makanan itu cuma ada dua, enak dan enak banget. Lewat blog travel indonesianholic salah satu cara saya mencintai Indonesia. Ngomongin tentang Pahlawan saya punya pendapat sendiri.

Sultan Hasanuddin
"Saya kagum dengan sosok Sultan Hasanuddin, beliau adalah Raja ke-16 di Kerajaan Gowa-Tallo. Keberaniannya dalam mengusir penjajah Belanda dari dataran Indonesia tak perlu diragukan lagi. Beliau dikenal dengan sebutan Ayam Jantan Dari Timur, beliau menentang kebijakan pemerintah Belanda yang ingin memonopoli perdagangan rempah di Maluku. Bandar udara internasional Sultan Hasanuddin, namanya dijadikan nama bandara sebagai bentuk mengenang jasa kepahlawanannya."

Abraham Samad
"Siapa yang tak mengenal sosok Abraham Samad, pimpinan ketua KPK saat ini. Seorang pemberani dari Makassar yang siap dan rela berkorban demi terhapusnya budaya koruptor di Indonesia. Saya kagum dengan keberaniannya yang tidak tebang pilih dalam menjalankan tugasnya. Orangnya tegas dan berani mempertanggung jawabkan segala janjinya. Budaya 'Siri' na Pacce' mengalir di darahnya, budaya malu jika tak mampu berbuat untuk Indonesia."

Semoga semangat para pahlawan yang telah gugur mendahului kita tidak pernah padam. Saya hanya ingin menularkan semangat para pahlawan, agar kita tidak pernah putus asa membangun Indonesia yang masih tertinggal dari negara lain. Percaya bahwa kita masih punya banyak pahlawan masa kini, bisa jadi orang di sekitar kita atau bahkan diri kita sendiri.

Penutup dari postingan ini, saya akan membagikan 2 buah T-Shirt Indonesia (seperti baju yang di atas). Cara dapatkannya mudah, Simak syarat dan ketentuannya:
1. Follow twitter @indonesianholic dan like FB Page indonesianholic
2. Berikan komentarmu tentang sosok pahlawan idamanmu dan sosok pahlawan masa kini.
3. Share di twitter kemudian mention @indonesianholic sebagai bukti kamu sudah berpartisipasi dalam giveaway ini.
Contoh tweet: Baru saja ikutan giveaway di blog www.indonesianholic.com untuk dapatkan T-Shirt Indonesia dari @indonesianholic #GAheroesday
4. Komentar terbaik akan mendapatkan 1 buah T-Shirt dan komentar terpilih juga akan mendapatkan 1 buah T-Shirt yang akan saya pilih secara random atau acak.

Giveaway ini mulai hari ini sampai 25 November 2014,pukul 23.59 pemenang akan diumumkan 1 hari setelah giveaway ini ditutup. Setiap orang punya kesempatan sama untuk mendapatkan hadiahnya.
Tunggu apalagi, Ayo buruan....

Let's Travel to Experience the Beauty of Indonesia
INDONESIANHOLIC

30 comments:

  1. Nah loh dari awal kepikiran sama komunitas Generasi Cinta Indonesia, ini apa kak? mau dong gabung, dan lebih lagi saya juga ngincer kaosnya eh dibikin giveaway ternyata hahaha... aseeeekkkk... okeh ikutan aaaaah...

    Sosok pahlawan idaman saya itu seorang berani menggebrak dan tampil beda serta tidak jaim. Sosok pahlawan masa bagi saya orang yang berani merangkul anak muda dalam kegiatan positif.

    Ah jawaban saya kurang greget ah :D

    *tetep pengen kaosnya*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks sudah ikutan Giveaway.
      Sedikit koreksi atas jawabannya;
      Sosok pahlawannya harap disebutkan namanya, kemudian alasannya kenapa?
      1. Pahlawan Nasional
      2. Sosok Pahlawan masa kini.

      Delete
  2. Pahlawan impian saya adalah Raden Ajeng Kartini. Bagi seorang perempuan, saya berfikir beliau adalah seorang wanita yang sangat berjasa dalam menaikkan harkat dan martabat wanita Indonesia dengan emansipasi yang dijunjung tinggi oleh beliau, yang kemudian banyak menginspirasi wanita Indonesia untuk lebih berani dalam berbuat, berpendapat dan menuntut hak yang sama sebagai manusia sehingga tidak seperti di zaman beliau dulu, pada zaman sekarang kebanyakan perempuan tidak lagi iya-iya saja dengan segala bentuk diskriminasi, apalagi praktik pelecehan, atau peremehan hak kelompok masyarakat rentan seperti perempuan.


    Sedangkan sosok Pahlawan masa kini saya adalah presiden RI kita saat ini, Bapak IR. Joko Widodo. Saya senang dengan cara memimpin beliau yang sederhana, namun tetap tegas dan percaya diri. Namun yang paling menyentuh saya adalah komitmennya untuk membangun dan melibatkan anak-anak muda dan dukungannya terhadap industri kreatif. Sehingga anak-anak muda nggak cuma menjadi "bahan kampanye" saja namun juga sebagai indikator kemajuan bangsa kita.

    ReplyDelete
  3. Ok fine, aku mau kaos merah dan biru ... cusss kirim #Ngarep

    ReplyDelete
  4. Sosok pahlawan yang paling saya kagumi adalah Soekarno. Seseorang yang memiliki kharisma, berjiwa pemimpin, berani mengambil keputusan, bertindak nyata melawan penjajah dan mendeklarasikan kemerdekaan. Menguasai banyak bahasa asing, ditakuti dan disegani musuh, orator terbaik, berpidato tanpa teks dan berbobot.

    Sosok pahlawan masa kini, Marisa Haque. Sosok perempuan yang berpendidikan tinggi, sukses menjaga keharmonisan keluarga dengan menjadi istri dan ibu yang baik bagi anak-anaknya (terbukti dengan memiliki anak222 yang pandai dan aktif di kegiatan sosial), sukses dalam karir, dan melakukan hal lebih agar bermanfaat bagi orang lain. Saya rasa, sosok perempuan seperti inilah yang diingini R.A. Kartini.

    Aaah, mau kaosnya ya kakaaak

    ReplyDelete
  5. Sosok pahlawan yang saya kagumi... duh banyak banget Kak saya jadi bingung mau pilih yang mana, kalo golput aja gimana?

    ReplyDelete
  6. Pahlawan idaman saya : Jendral Sudirman. Beliau luar bisa memimpin perjuangan dalam perang gerilya. Bahkan hingga beliau sakit-sakitan, tidak ada kata menyerah untuk terus bergerilya. Model perang gerilya ini sungguh membuat kalang kabut Belanda yang kesulitan mendeteksi serangan2 mendadak yang dilancarkan oleh beliau.
    Saya salut sekali dengan kemuliaan hati beliau yang rela meminta istrinya untuk menjual perhiasan yang dananya digunakan untuk mendukung gerilya. Suatu tindakan yang bahkan untuk kaum muda jaman sekarang, di tengah kelapangan rejeki, belum tentu mau melakukan hal yang sama dengan beliau.

    Sosok pahlawan masa kini menurut saya itu Ibu Tri Rismaharini alias Bu Risma, walikota Surabaya yang tidak segan turun langsung ke bawah untuk mengurus kepentingan rakyat. Satu gebrakan berani yang dilakukannya berkaitan dengan penutupan Gang Dolly sungguh patut diacungi jempol. Beliau berani sekali menghadapi resiko yang sekiranya akan muncul sehubungan dengan langkah fenomenalnya itu. Semoga makin banyak generasi muda yang mampu mengikuti ketetapan hati seperti Bu Risma ini. Dalam hal apapun. Bisa saja dalam memajukan pendidikan anak bangsa, menggiatkan enterpreneurship, meningkatkan kualitas akhlaq melalui berbagai kegiatan keagamaan, dsb.

    ReplyDelete
  7. Sosok pahlawan nasional yg kukagumi adalah Raden Dewi Sartika, beliau adalah perintis pendidikan bagi kaum perempuan dijaman hindia belanda, seorang pengajar yg terus membangun sekolah bagi perempuan2 saat itu.
    Semangatnya dalam mendidik dan mendirikan sekolah menjadi inspirasi bagi perempuan didaerah2 lain, yang ikut serta memajukan pendidikan bagi perempuan lainnya, yg pada saat itu pendidikan bagi kaum perempuan masih dilarang dan dianggap tabu bagi masyarakat.


    Untuk sosok pahlawan masa kini, saya kagum pada kesabaran dan ketekunan seorang Valencia Mieke Randa (@justsilly) founder @blood4lifeid yang bergerak dan semangat membangun kepedulian dan kesadaran diri untuk membantu sesama, yg dg gigih membantu org2 mendapatkan informasi tentang kebutuhan akan donor darah. Dan pendonor darah adalah pahlawan bagi penerimanya. :)

    ReplyDelete
  8. Kalo saya neh, Pahlawan itu bisa jadi adalah manusia-manusia low profile yg telah memberikan karya dan sumbangsih bagi manusia-manusia di sekitanya. Pahlawan jg tak serta-merta diidentikkan dgn "tua", karena setiap manusia - meskipun masih muda, kini berpotensi besar untuk memberi perlawanan dan solusi thdp ketimpangan-ketimpangan di sekitarnya.

    *sok banget ya saya ngomong kayak yg di atas, haha* #kibas2rambut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo pertanyaannya Siapa?

      Saya sematkan gelar pahlawan versi saya kepada Bapak BJ. Habibie. *teteup*

      Delete
  9. bagi saya, pahlawan itu bukan hanya berjuang dan berkorban demi semuanya, tapi juga tulus dalam segala hal, dan pahlawan itu adalah orang tua saya, kelihatannya sederhana, namun jasanya tak terhingga bagi saya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalah arti sebuah nama, pahlawan itu akan tetap pahlawan, namun aku sering menyebutnya dengan Ayah dan Mamah.

      Makasih

      Delete
  10. Ikutan ah, siapa tahu, kaosnya meluncur ke Semarang. Hehehe .. :D

    Sosok Pahlawan Nasional favorit saya adalah Ir. Soekarno. Kenapa? Kharisma Beliau sungguh tiada duanya dan itulah yang membuat pria kelahiran Blitar tersebut disegani oleh seluruh dunia. Perjuangan Ir. Soekarno memang bukan melalui jalur pertempuran di medan perang, namun lebih ke sisi diplomasi, yang didalaminya sejak muda. Lebih dari separuh hidupnya Beliau habiskan untuk kepentingan Indonesia. Bagaimana bisa saya tidak mengaguminya? :)

    Nah, kalau sosok Pahlawan di masa kini yang saya kagumi adalah Anies Baswedan. Sejak me-launching program Indonesia Mengajar sekian tahun yang lalu, saya yakin Beliau adalah pembawa perubahan baik di negeri ini. Anies Baswedan tidak berhenti berjuang demi pendidikan anak-anak bangsa, satu hal penting yang sering terabaikan oleh urusan-urusan lain. Harapan saya, Beliau akan konsisten memperbaiki kondisi pendidikan di Indonesia, apalagi sekarang Beliau telah menduduki kursi Menteri Pendidikan Dasar, Menengah dan Kebudayaan, satu posisi yang sesuai dengan concern-nya. Go, Anies, go!

    Jadi, kaosnya dikirim kapan, Kak? Hihihihi .. :p

    ReplyDelete
  11. Ikutan ya,,, Medan.

    Ki Hajar Dewantara, kepribadian dan gebrakannya terhadap pendidikan Indonesia era awal menjadikan pendidikan era sekarang lebih baik dan semakin baik.
    satu lagi, Orang tua ane,, mungkin gambarannya seperti apa tak cukup untuk dimuat di dalam kolom komentar ini, pokoke bagi ane orang tua teuteup lah sosok pahlawan terbaik sepanjang masa.

    ReplyDelete
  12. Duuuuh aku ikutan boleh ya kaka, hehe

    Sosok pahlawan fav aku tentu aja Bung Karno yg kharisma nya tiada akhir itu. Gak perlu panjang lebar pasti tau alesannya kenapa kan?!

    Untuk sosok pahlawan masa kini menurut aku itu tentu yg bisa menyulut semangat anak muda jaman sekarang, yg bisa membangkitkan kecintaan sama bangsanya sendiri. Yang bisa menyentuh hati nurani, ini bangsa udah sulit bgt numbuhin persatuan, disana-sini ejek mengejek. Semua di hati nurani sih yaa.. karena udah hopeless sama hukum dan pendidikan :((

    ReplyDelete
  13. Kalo pahlawan nasional jelas gw pilih Panglima Besar Jenderal Sudirman lah, didunia ini dimana ada Panglima Besar yg rela hidup susah biar kita bisa merdeka, walaupun sakit tetep ikut berjuang sampe-sampe Pak Soekarno pas ketemu beliau aja segan, ikut langsung memimpin pasukannya dilapangan.. tpi sayang beliau harus meninggal muda.. :(

    Kalo pahlawan masa kini bagi gw adalah kedua orang tua gw, beliau rela banting tulang, kerja siang malam demi menghidupi dan menyekolahkan gw dgn layak, sampe mati pun gw gak akan bisa membalas kebaikannya, maka itulah bagi gw mereka adalah pahlawan masa kini gw.. :D

    ReplyDelete
  14. Halo Kak! Numpang ikutan yak!

    Cut Nyak Dhien itu sosok perempuan yang keren banget buat saya. Kebayang, ketika masa itu, perempuan masih lekat sebagai "warga belakang" alias masih dianggap hanya bisa urusan dapur. Tapi Cut Nyak Dhien justru sudah mengatur strategi dan siasat untuk melawan penjajah, bahkan sampai maju ke medan pertempuran. Salutnya, beliau membuktikan kalau jadi muslimah juga harus tangguh, dan jadi muslimah bukan berarti nggak bisa apa-apa. 😘😍


    Selanjutnya, saya mau cerita sedikit soal sosok yang menurut saya juga keren banget. Bukan narsis sih, tapi sosok almarhum Bapak adalah orangtua yang sungguh-sungguh ingin anak-anaknya lebih dari beliau. Kami, lima anaknya yang perempuan semua ini, disuruhnya merantau begitu lulus SMA. Beliau yang nggak pernah duduk di bangku SMA, justru sejak kami kecil memberi kami banyak buku bacaan yang akhirnya betul-betul membuka wawasan kami buat belajar dan melanjutkan pendidikan. So, proud of you, Dad! Ah, jadi kangen! 😙

    ReplyDelete
  15. Pahlawan nasional; Tan Malaka, Salah satu putra bangsa terbaik yang nyaris terlupa. Seorang pemikir dan juga sosok misterius pada masanya. Ia pernah menulis dan menerbitkan tulisan "menuju republik Indonesia" yang menjadi sumber inspirasi para pejuang intelektual kemerdekaan Indonesia. Ia merancang Republik sebelum kemerdekaan tercapai. Ia juga pernah menulis,
    "Ilmu bukti, bukan mistik".

    Pahlawan masa kini adalah orang-orang biasa yang melakukan tindakan dan hal-hal yang biasa. Petani, pekerja kebersihan, pegawai kantoran, siapa saja bisa menjadi pahlawan, bagi dirinya sendiri atau orang lain.

    ReplyDelete
  16. Saya kagum dengan pahlawan, proklamator sekaligus mantan Wapres kita yaitu Moh. Hatta. Namanya memang tak sepopuler bung Karno, tapi ketulusannya berjuang serta kesederhanaanya tak perlu dipertanyakan lagi. Ia tidak akan menikah sebelum bangsa ini merdeka, membuktikan ia sangat tulus berjuang bagi bangsa ini. Atau ketika ia naik haji, sebagai wakil presiden tentu mudah bagi beliau untuk naik haji dengan dibiayai oleh negara, namun ia memilih naik haji dengan menabung dari honorium menulis buku-bukunya, dia tidak akan mengambil apa yang bukan miliknya. Beliau wafat pun meminta untuk dimakamkan di taman makam biasa sebagai rakyat biasa. Itu hanya sebagian teladan dari sosok Bung Hatta.

    Untuk pahlawan saat ini saya kagum dengan mereka yang mencintai alam ini dengan tindakan nyata. Saya kagum pada mereka yang menanam pohon dihutan tanpa dibayar, memungut sampah digunung tanpa butuh pujian atau tindakan lainnya. Semoga perjuangan kalian untuk alam ini dibalas oleh Tuhan Yang Maha Esa. Aamiin

    ReplyDelete
  17. Pahlawan Nasional yang bisa saya teladani Bapak alm. Mohammad Hatta, Proklamator dan juga Bapak Koperasi Indonesia yang Sederhana, Jujur, Bijaksana, dan Tidak bergairah akan jabatan Besar, dan memiliki motivasi besar kepada kemerdekaan, perkembangan pendidikan bangsa serta kemajuan Ekonomi Kerakyatan melalui kegiatan perkoperasian.

    ReplyDelete
  18. Pahlawan nasional. Menurut saya yg wajib di kagumi itu seluruh pahlawan pahlawan baik yg di kenal atau pun tidak di kenal. Bagi saya mereka semua luar biasa. Semangat dan kegigihan mereka membuat saya semakin kagum dengan mereka. Berkat perjuangan mereka kita bisa merasakan indonesia damai seperti sekarang ini. Tetapi saya sangat kagum dengan ibu RA Kartini, wanita yang dengan keberanian dan semangatnya ini dapat memotivasi seruh wanita wanita indonesia untuk lebih semangat dan gigih berjuang untuk diri sendiri, orang lain dan bangsa ini.

    Sedangkan pahlawan masa kini bagi saya itu seluruh penduduk indonesia yang dengan bangga menjaga dan melestarikan bangsa ini melalui tindakan tindakan yang positif dan hal2 nyata demi kemajuan bangsa ini.

    ReplyDelete
  19. yah setelah membaca posting ini, minimal saya tahu arti pahlawan dan kita berjuang untuk menjadi pahlawan bagi diri sendiri dan orang terdekat dulu ya gan. terus memaknai pahlawan itu sendiri dengan tindakan yang konkrit dan berguna bagi sesama. ok terima kasih telah berbagi inspirasi. salam sahabat blogger.

    ReplyDelete
  20. pahlawan nasional menurut saya adalah bung hatta, mungkin kebanyakan orang mengagumi presiden soularno akan tetapi jasa bung hata sekaligus wakil presiden sangatlah penting. bung hata adalah pelopor pendidikan dan juga mempunyai peran penting dalam kenegaraan. bung hatta pun tak gentar untuk menulis akan kejahatan belanda pada indonesia khusunya pengasingan soekarno ke papua. ya bung hata pahlawan dan juga wakil presiden pertama yang membantu soekarno menyatukan indonesia.

    kalau pahlawan masa kini adalah mereka mereka volounter yang berjuang demi negara indonesia yang lebih baik. baik itu dalam bidang pendidikan, kelestarian alam dan penanggulangan bencana.

    ReplyDelete
  21. Kalau menyebut nama pahlawan nasional terkadang ironinya luar biasa... mulai pemalsuan sejarah kepahlawanan bahkan rekayasa yg menjadi dotrin turun temurun.. apalagi kita tidak hidup sejaman dengan mereka. sejarah panjang bangsa Indonesia penuh dengan intrik campur tangan penguasanya dan terkadang si penulis sejarah menulis sesuai pesanan penguasanya. tapi saya masih yakin bahwa sejarah kepahlawanan hakiki nya adalah hasil keringat mereka yang rela berkorban demi menyatukan bangsa yang besar ini tak peduli mereka tercatat dalam sejarah ataupu tenggelam tak tersisa karena korban kekuasaan... sampai saat ini INDONESIA belum total dalam mengurus para pahlawan nya... masih banyak para pejuang kemerdekaan yang harus hidup dalam kemiskinan dan siksaan jaman yang semakin gila dimana para muda mudinya dengan senangnya jadi pemuja artis-artis yang merusak mental mereka. para pejuang tak lagi punya tempat dihati para generasinya. mungkin nasionalismenya telah tergadai oleh telanjangnya dunia.
    hahahha kayaknya panjang kali lebar tapi belum menulis satu nama pahlawan, okelah klo begitu..
    kalo saya pribadi menghargai semua pahlawan dan pahlawan idola ku sebenanya kakek ku.. tapi namanya tidaklah tercatat dalam sejarah padahal perjuangannya luar biasa... hahah belum nulis nama lagi... siapa yah ?
    dari sejarah kepahlawan yang saya baca banyak pahlawan dari tanah bugis makassar yang rela mati mengusir penjajah dari bumi pertiwi, salah satunya yaitu : I Mallombasi Muhammad Bakir Daeng Mattawang Karaeng Bonto Mangepe atau dengan nama lain Sultan Hasanuddin Tumenanga Ri Balla Pangkana atau belanda memberinya gelar De Haav Van De Oesten alias Ayam Jantan dari Timur. Belau adalah Raja Gowa ke 15 yang wilayah kekuasaannya sangat luas disertai pasukannya sangat banyak dengan armada lautnya, Pasukan Belanda pun gemetar menghadapi beliau, butuh politik adu domba yang panjang sampai menghancurkan kerajaan beliau. walaupun beliau telah tiada tetapi semangat perjuangannya tetap memabara di hati generasinya.

    untuk pahlawan masa kini saya tak mau berceloteh panjang cukup pahlawan tersebut adalah IBU dan BAPAK ku yang rela berjuang, bekerja membanting tulang, harus hidup menderita demi membesarkan kami anak-anaknya.. hinggalah kami menjadi orang yang tak mencicipi lagi hidup yang sengsara. terimakasih bapak dan ibuku atas jasa-jasamu yang kekal abadi dalam setiap langkahku... mmmmmmmuuuuaaach.

    ReplyDelete
  22. Ucapan terima kasih tak terhingga yang sudah ikutan Giveaway #Heroesday
    Awalnya saya ragu untuk ngadakan giveway, secara ini yang pertama kali saya posting.

    Dengan Giveaway #Heroesday, saya bisa menyimpulkan bahwa kita adalah generasi yang masih mengingat semua pahlawan yang telah gugur dan mengorbankan apa yang mereka miliki. Selain itu kita tak perlu pesimis dengan bangsa indonesia, karena masih banyak sosok-sosok pahalawan masa kini yang ada disekitar kita.

    Sebelumnya saya sudah umumkan pengumuman pemenangnya via twitter 3 hari yang lalu.
    Selamat kepada @Noerazkha dan @tyosukma atas T-Shirt Indonesia.

    ReplyDelete
  23. maju terus organisasi seperti ini

    ReplyDelete
  24. Salam kenal Mas Akbar. Generasi Cinta Indonesia..Bravo.
    Oh ya Sosok Pahlawan yang paling aku kagumi adalah Bung Hatta, kesederhanaan dan kedisiplinannya.

    ReplyDelete
  25. Setuju banget sama mas Surya yang bermata sipit, menurut saya pahlawan yang paling berjasa adalah sosok guru, mereka adalah orang tua kedua (orang tua bagi saya juga pahlawan) yang menunjukkan kepada kita pengetahuan dikala kita tidak tahu. Hail para guru :3

    ReplyDelete

Pembaca yang baik yang meninggalkan komentar