10 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Liburan di Makassar

Sunday, June 14, 2015 muhammad akbar 58 Comments

Apa sih yang kamu ketahui tentang Kota Makassar, tentu tidak hanya Pantai Losari dan Coto Makassar nya. Kalau cuma itu yang kamu ketahui, berarti kamu harus cepat-cepat datang ke Makassar. Makassar merupakan salah satu kota dari lima kota besar di Indonesia dari Medan, Jakarta, Surabaya, Bandung dan tentunya Makassar. Tak hanya itu, Kota Makassar merupakan gerbang dari Indonesia bagian timur, dengan adanya Bandara Internasional Sultan Hasanuddin sebagai tempat transit sebelum melancong ke Manado, Maluku dan Papua. So, jika kamu mau liburan ke Raja Ampat di Papua atau liburan ke Pantai Ora di Ambon, kamu mesti transit dulu di Makassar walaupun sekarang sudah ada juga sih penerbangan langsung.

Ada banyak yang kamu bisa nikmati jika liburan di Makassaar, mulai dari wisata kuliner, wisata belanja, wisata sejarah, wisata alam, wisata budaya dan wisata pantai. Semuanya lengkap deh, tergantung kamu mau pilih menikmati liburanmu dengan cara yang bagaimana. Tidak hanya itu, kamu tidak perlu takut kesasar atau tersesat karena kota Makassar sudah tersistematis dari segi transportasi mulai dari angkutan umum seperti taxi, pete' - pete', becak dan lainnya. Bahkan, saat ini sudah terdapat busway dengan nama Trans Mamminsata walupun masih belum terlalu maksimal seperti busway TransJakarta tapi setidaknya kota Makassar sudah selangkah lebih maju memikirkan tentang transportasi massal.

Jika sudah punya rencana akan liburan ke Makassar tapi bingung mau ngapain dan tempat menarik apa yang bisa dikunjungi atau dinikmati. Baiklah, saya akan menuliskan 10 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Liburan di Makassar. So, Ayo berkunjung ke Makassar


1. Abadikan moment dengan berfoto di depan tulisan Pantai Losari 


Pantai Losari merupakan salah satu landmark Kota Makassar, tempat ini memang paling wajib kamu kunjungi. Ikon kota Makassar ini sudah tidak asing lagi bagi orang Makassar dan sekitarnya. Pantai Losari terletak di sebelah barat kota Makassar, lebih tepatnya di jalan penghibur. Pantai Losari memiliki keunikan dimana dari tempat ini kamu bisa menyaksikan sunrise dan sunset dari posisi yang sama, walaupun menyaksikan matahari terbit tidak seindah menyaksikan matahari terbenam karena sebelah timurnya sudah terlalu banyak hotel yang menjulang tinggi yang menghalangi cahaya matahari pada saat terbit.

Pantai Losari terbuka setiap waktu selama 24 jam tapi paling ramai di saat jam 4 sore hingga jam 9 malam. Pantai Losari juga dapat dinikmati tanpa pungutan biaya alias gratis. Jika kamu ingin mengabadikan moment dengan berfoto di depan Pantai Losari, saya sarankan datanglah di pagi hari sehingga kamu leluasa berekspresi tanpa gangguan orang lain.

2. Menikmat Kuliner Coto Makassar


Makassar merupakan surganya kota kuliner, ada banyak kuliner yang siap memanjakan kamu dengan cita rasanya mulai dari kuliner pinggir jalan hingga kuliner yang tersedia di cafe-cafe. Kuliner Makassar paling terkenal tentunya Coto Makassar, kurang lengkap rasanya jika kamu tidak mencicipi makanan khas kota daeng ini yang terbuat dari jeroan dan daging sapi yang dihidangkan dengan kuah yang khas penuh dengan cita rasa rempah-rempah. Coto Makassar dihidangkan dalam mangkok kecil dan ketupat sebagai pasangannya.

Coto Makassar tersebar di setiap sudut kota Makassar, namanya pun sesuai dengan lokasinya seperti Coto Nusantara di Jalan Nusantara, Coto Gagak di Jalan Gagak, Coto Petarani di Jalan Pettarani. Garring Coto atau deman karena belum makan coto, sebegitu kuatnya pengaruh makanan ini terhadap orang-orang Makassar. Begitupun saya sendiri, Coto Makassar adalah salah satu makanan favorit dintara kuliner makassar lainnya. Jika kamu datang ke Makassar, saya sarankan kamu mencobanya di Coto Nusantara, Coto Maros, Coto Gagak dan Coto Paraikatte. Keempat tempat itu adalah tempat makan coto favorit saya.

3. Mengunjungi Sisa Peninggalan Sejarah Di Fort Roterdam


Fort Roterdam salah satu destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi. Fort Roterdam adalah benteng peninggalan Kerajaan Gowa - Tallo. Masyarakat dulu mengenalnya benteng pannyua (penyu) dengan filosofi kekuatan perang bisa berjaya di darat dan di lautan. Peningalan sisa bangunan penjajah Belanda menjadi ciri khas di tempat ini, kamu akan merasa seperti di Belanda. Tak hanya itu, kamu juga bisa melihat tempat pengasingan atau tahanan  Sultan Pangeran Dipenogoro yang berada di sisi kanan pintu masuk. Ada juga Museum La Galigo, kamu bisa melihat sejarah Bugis- Makassar disini dari segi budaya, alat perang dan lainnya.

4. Mengunjungi Replika Rumah Adat Di Benteng Somba Opu


Jika Jakarta punya Taman Mini Indonesia Indah yang memparadekan semua rumah adat tiap provinsi, tak mau kalah, Sulawesi Selatan juga punya Benteng Somba Opu yang juga parade rumah adat tiap kabupaten. Rumah adat Bugis, Toraja, Makassar, dan Mandar semunya ada disini. Rumah panggung yang terbuat dari kayu dengan kombinasi bambu menjadi ciri khas rumah di Sulawesi Selatan. Tak hanya itu, jika kamu tidak sempat berkunjung ke Toraja, kamu bisa datang kesini melihat secara langsung rumah adat Tongkonan. 

5. Menikmati Es Teler Kuburan Panaikang


Cuaca panas Kota Makassar paling enak menikmati segelas es teler. Tempat menikmati es teler paling saya rekomendasikan adalah Es Teler Kuburan. Lokasinya berada di Jalan Urip Sumoharjo tepat di depan Taman makam Pahlawan. Tempatnya bukan di cafe melainkan hanya di pinggir jalan. Tempatnya boleh di pinggir jalan tapi rasanya boleh diadu terbukti tempat ini selalu ramai. Cita rasa tinggi dan soal harga pun sangat bersahabat untuk semua kantong. Segelasnya dihargai 7K ditambah suasana teduh di bawah pohon kenari yang menjulang tinggi wajib anda rasakan.

6. Mengunjungi Masjid Terbesar Di Makassar


Masjid Al Markas Al islami merupakan masjid terbesar di kota Makassar. Masjid ini dibangun tahun 1974 oleh seorang Jendral M.Jusuf, mantan panglima ABRI dari Makassar sebagai bentuk niatya mengembangkan peradaban islam di Indonesia bagian timur. Jika kamu perhatikan, masjid ini tidak memiliki kubah seperti masjid pada umumnya tapi berbentuk segiempat seperti atap rumah ada suku Bugis-Makassar dan juga mirip seperti Masjid Katangka, Masjid tertua di di Sulawesi Selatan.

7. Mengunjungi Trans Studio Makassar


Selain Pantai Losari sebagai Landmark kota Makassar, kini hadir Trans Studio Makassar sebagai  ikon baru kota Makassar. Trans Studio merupakan theme park terbesar ke dua di Indonesia setelah Trans Studio Bandung. Trans Studio Makassar terletak di Jalan Kawasan Tanjung Bunga. Ada banyak wahana yang bisa menguji adrenalin kamu dan tentunya tempat ini juga sangat cocok untuk liburan bersama keluarga. Semua kelompok umur memiliki wahana permainan tersendiri. Dengan membayar 100K, kamu sudah bisa menikmati semua wahana yang ada. 

8. Menikmati indahnya Pulau Kodingareng Keke



Pulau tak berpenghuni yang ditempuh sekitar 1.5 jam dari Pelabuhan Kayu Bangkoa Makassar ini memiliki keindahan yang luar biasa. Gradasi warna air lautnya, pasir putih dan alam bawah lautnya yang membuat kamu tidak mau meninggalkan tempat ini. Pantai Kodingareng Keke merupakan satu dari pulau dari gugusan Kepulauan Spermonde.

9. Menikmati Matahari Terbenam Di Pantai Losari


Tidak bisa dipungkiri keindahan Sunset dari Pantai Losari. Tempat ini selalu ramai dipenuhi warga Kota Makassar. Warna keemasan dari cahaya matahari membuat kamu merasa tenang berada ditempat ini. Kamu juga memesan pisang epe' sambil memandangi indahnya sore hari kota Makassar. Jika kamu seorang muslim, jangan lupa sholat di Masjid Amirul Mukminin atau lebih dikenal dengan Masjid Terapung.

10. Melihat Kelap Kelip Makassar Malam Hari Dari Karebosi SkyLounge


Candotel Hotel merupakan Hotel pendatang baru di Kota Makassar, Memiliki cafe rooftop dengan nama Karebosi Skylounge bisa menjadi pilihan destinasi wisata kamu. Kelap kelip lampu kota Makassar akan memanjakan mata kamu melihat kota Makassar dari ketinggian. Sore hari menjelang matahari terbenam adalah waktu yang tepat datang ke tempat ini, kamu juga bisa menyaksikan sunset dari tempat ini. Sebelum naik ke Rooftop, setiap pengunjung diharuskan membayar 100K/Orang, dimana nantinya kamu bisa tukarkan dengan makanan dan minuman.


58 comments:

  1. Es tellernya aku blm pernah coba... Whooaaa pingiiinnn

    ReplyDelete
  2. Iya nih, belon pernah coba es teler nya kelihatanya enak hehe. Good luck yaa !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Es telernya cuma warung pinggir jalan sih tapi selalu ramai.
      Recomended

      Delete
  3. Benteng Somba Opu terlihat menarik! Sayang gak sempet kesana waktu ke Makassar.
    Setuju banget kalau sunset dari Pantai Losari cantik banget. Oh ya, list ini gak ditambahin makan mie Titi? Tambahin es pisang ijo juga ya. Hahaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, Mie Titi dan Es Pisang Ijo juga sayang untuk dilewatkan.

      Delete
  4. Hahaha aku baru dapat 4 dari 10 list ini, berarti alasan baru buat main ke Makassar lagi.

    ReplyDelete
  5. Es teler nya kayak nya enak banget, btw aku mau coto makasar nya #Ngidam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu udah Ngidam? siapa pelakunya. hahahha
      Kalau kamu ke Makassar, saya traktir Coto Makassar.

      Delete
    2. Aku kmrn nyobain coto gagak dan endes banget

      Delete
    3. Yap, Emang endes banget.
      disitu juga buka 24 jam dan bisa memilih 2 tempat yang berbeda (ala biasa dan resto)

      Delete
  6. hm.. banyak yang saya belum nih..
    dicatat ah, buat contekan kapan-kapan ke Makassar :D

    ReplyDelete
  7. Haduh namanya ga enak banget, Karebosi Skylounge :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga gak tau,
      mungkin Lokasinya dekat lapangan Karebosi.

      Delete
  8. saya palingg senennng kalau ke suatu tempat ya kuliner .. pengen banget itu coto makasar sama es teler nyaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga senang wisata kuliner walaupun resikonya tiap pulang trip selalu perut semakin buncit.

      Delete
  9. hmm... saya akan coba jelajah semuanya minggu ini hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok jelajahnya cuma sehari ini.

      Delete
  10. Keren banget Makasar. Tapi kata temen aku kalo ke Makassar, tempat wajib dikunjungi adalah jalan nusanatara.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jalan Nusantara??
      Yap, disana ada pelabuhan, Coto Nusantara dan tempatnya para P*K

      Delete
  11. Menikmati sunsut di pantai losari kayaknya indah banget ya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Indah Banget,
      Selain pantai losari kamu juga menyaksikan sunset di Pantai Akkarena dan Kampoeng Popsa

      Delete
  12. keren banget kalo lagi malem pemandangannya..

    ReplyDelete
  13. Thanks artikelnya..Coto Makasarnya menggugah selera..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf jika membuatmu ngiler yah.
      tidak ada maksud lain.

      Delete
  14. Pantai Losari memang udah menjadi centre dan landmark kota makasar ya
    Nice info, segera nyusun itinerary nih :)

    ReplyDelete
  15. kalau aku ke makassar tampung ya akbar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap, Asalkan saya di Makassar pasti saya ajak jalan-jalan.

      Delete
  16. Aku sudah ke Benteng Somba Opu tapi sampai sekarang belum jua menuliskan catatan perjalanannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo semangat nulisnya,
      saya juga masih banyak destinasi yang belum saya tulis

      Delete
  17. noted!!

    udah lama banget gak pulang ke Makassar euy..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Okay.
      Kapan terakhir ke Makassar mba'?

      Delete
  18. Belum semuanya saya lakukan. Banyak yang terlewat karena dulu seminggu ternyata sangat singkat. Semoga ada kesempatan mencecap kulinernya lebih dalam lagi, menjelajahi jejak sejarahnya lebih jauh lagi :)

    Suka sama template barunya Mas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu seminggu tapi kita ketemu cuma sebentar doang.
      Kmau cepat banget pulang mas, padahal di hari terakhir saya ajak mereka ke Air Terjun Parangloe dan ke Malini.

      Iya mas, terima kasih atas apresiasinya.
      cuma template gratisan mas

      Delete
  19. La mau bagaimana lagi Mas, risiko sudah pesan tiket PP dari jauh-jauh hari ya mau tidak mau saya harus ulang hahaha. Padahal pengen banget ke Parangloe dan Malino hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selal ada alasan untuk datang kembali ke Makassar

      Delete
  20. Pernah seharian doang di Makassar — nyampe pagi, pulang malem. Jadi cuma bisa ngerjain nomer 1, 2, dan 3. Nanti kalo balik lagi ke Makassar mau yang lamaan ah biar bisa ngerjain nomer 4-10 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu artinya kamu harus balik lagi ke Makassar

      Delete
  21. kalo ke makassar selain coto makassar saya juga kangen dengan es palu butung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah, itu salah satu makanan favorit saya juga.

      Delete
  22. Kak klo mo cari jasa tour guide lokal, gmn ya? atau kk bs jd tour guide lokal sy,
    kira2 biaya berapa ya? untuk melakukan semua yg kk tulis di atas. tolong infonya ya makasih

    ReplyDelete
  23. Untuk tour guide lokal di Makassar, banyak kok teman saya.
    Kapan rencananya ke Makassar dan berapa orang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2 orang aj, saya dan mama saya. bisa tlg kira2 anggarannya ya kak? sxan. email ke selvi_darmaraya@yahoo.com. makassar dan toraja kalau bisa. estimasi biaya waktu dan penginapan. rencana saya mo menginap di wisma banda. berangkat bulan 4 thn depan hehehe makanya minta estimasi biaya. makasih kak sebelumnya.

      Delete
  24. jangan lupa kalo siang hari panas, nongkrong di kafe2 depan benteng fort rotterdam, sambil makan es pisang ijo sama jalangkote. Sholat shubuh di mesjid apung, terus menyusuri pantai Losari jangan lupa jajan baroncong sejenis kue pancong kalo di Jakarta dan sarapan nasi kuning. Susah di Makassar makanannya top.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu sepertinya sudah mencoba semua Kuliner Makassar. Kafe depan Roterdam itu ada dua, Kampoeng Popsa dan warung Kaki Lima Roterdam.
      Makassar memang surganya Kuliner, siap2 saja perut buncit.

      Delete
  25. Yaaahh, baru ngelakuin no 1,2,3,8, dan 9 waktu main ke Makassar. Tanda harus balik lagi ke sana nih, hehe..

    ReplyDelete
  26. Lengkap sekali tulisannya sampai es teler panaikang juga masuk tinggal 1 yg blum msk..

    ReplyDelete
  27. Lengkap sekali tulisannya sampai es teler panaikang juga masuk tinggal 1 yg blum msk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  28. Saya tertarik dengan tulisan anda,
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Indonesia

    ReplyDelete
  29. enaknya bisa jalan-jalan di trans makasar apalagi di temani anak, pasti seru banget

    ReplyDelete
  30. menikmati makassar tanpa coto makassar itu kurang asik hehhe.. rasanya beda kalau kita makan bukan di makassar :D

    ReplyDelete

Pembaca yang baik yang meninggalkan komentar