Ragusa Es Italia, Es Krim Legendaris di Jakarta

Saturday, October 17, 2015 muhammad akbar 34 Comments

Siang hari kota Jakarta kini tak terbendung lagi, namun tidak menyurutkan langkahku dalam menemukan Toko Ragusa, toko es krim dari Italia yang sudah sangat melegenda. Berbekal informasi bahwa lokasi tokonya tidak jauh dari Stasiun Juanda, itulah kenapa saya lebih memilih naik commuter line. Turun di Stasiun Juanda, mata saya terperanga melihat perubahan Stasiun Juanda, wajahnya kini tidak seperti dulu. Deretan toko-toko dan jajanan fast food berjejer rapi di sisi kanan kirinya. Dinding dan ubinnya didominasi warna biru, intinya lebih terstrukturlah, salut deh dengan perbaikannya.

Hanya es krim yang bisa menjadi pelepas dahaga”, pikirku siang itu.

Saya berjalan keluar dari stasiun Juanda, tawaran dari tukang ojek yang mangkal di parkiran luar stasiun, saya indahkan sambil tetap berjalan. Sempat mengambil arah yang salah karena terlalu fokus dengan aplikasi Google Maps, jadi Kalau kalian mau ke Toko Ragusa, hanya modal maps jangan diikuti secara detail karena lokasinya tidak persis sesuai yang ditunjukkan.


Deretan mobil terparkir dan gepulan asap didepan Toko Ragusa seakan menjadi penyambut kedatangan saya, namun dugaan saya salah karena siang itu pengunjung lagi ramai-ramainya. Saya pun melangkah masuk, mencari tempat duduk, cukup lama saya berdiri hingga bisa mendapatkan kursi kosong.

Toko Ragusa menerapkan sistem mandiri, pesan sendiri dan antri sendiri semuanya serba sendiri. Seperti saya yang datang sendiri. Saya memesan seporsi es krim banana split seharga 35 ribu. Dihidangkan dengan streefon, agar bisa langsung dibawa pulang jika tidak dapat tempat. 

Suasana di dalam Es Krim Ragusa
Sibuk dengan para pengunjungnya
Sejak 1932, Itu artinya toko es krim ini sudah eksis sebelum indonesia merdeka
Sambil menikmati es krim, saya pun memperhatikan sekeliling ruangan yang sesak dan panas ini tanpa dilengkapi pendingin ruangan, namun semuanya berubah adem ketika saya menikmati es krimnya. Toko es krim yang sudah ada sejak 1932, bisa dibilang warung legendaris yang ada di Jakarta. Memang benar, datang ke Ragusa saya seperti terbawa ke zaman tempo dulu dengan warna dinding putih pucat dan interior ruangannya. Sekeliling dinding digantung foto-foto lama Toko Ragusa, aneka menu dan sebuah piagam penghargaan dari MURI sebagai toko es krim tertua tertua yang masih buka sampai sekarang. Tidak ada kesan modern, dari kursi dan meja yang masih terbuat dari rotan, benar-benar klasik. 


Pengunjung silih berganti, ketika ada yang beranjak maka setelah itu datang lagi pengunjung yang baru. Sepertinya kursi-kursi tidak pernah dibiarkan lama kosong. Saya hampir satu jam duduk dengan dua menu yang saya pesan semuanya terlahap tanpa sisa.Sebelumnya pesan banana split, karena penasaran dengan es krim spagheti, maka saya pesan lagi menu itu. Saya suka es krimnya yang lembut, belum pernah makan es krim selembut ini. Entah kenapa setelah makan es krim, saya biasanya agak kehausan, tapi es krim ini itu beda, saya sama sekali tidak merasakannya. Mungkin karena es krimnya tidak menggunakan pengawet, seperti yang tertulis di atas dinding tengah kalau Es Krim Ragusa tidak menggunakan pengawet

Banana Split dengan toping kacang dan irisan buah kering
Es Krim Spagheti, mirip kan?
Saya tidak mencoba semua menunya, agar saya tetap punya alasan untuk datang kembali. Perubahan akan selalu ada seiring dengan perkembangan zaman, tapi Es Krim Ragusa tetap seperti dulu tanpa mengalami perubahan. 


ES KRIM RAGUSA ITALIA
Jalan Veteran I, No. 10 Gambir, Jakarta (Samping Masjid Istiqla)
Buka setiap hari dari pukul 09.00 - 22.00 WIB
Harga mulai dari 15K - 35 K
 

34 comments:

  1. Makan dua es menu es krim di dalam satu jam. Lidahnya gak kelu ya Mas. Bisa dimaklumi, enak sih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Endess banget soalnya.
      Gak cukup kalau seporsi..

      Delete
  2. wah jogja lagi panas aku malah baca es krim, salah besar ini :(

    ReplyDelete
  3. ini es yang legendaris. enak dan lembut es nya. yg terkenalnya sih es spagetti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Spagettinya memang Juara, saya juga suka.

      Delete
  4. Dan saya belum pernah kemari #eh. Jadi malu, selalu menunda makan di ragusa mentang-mentang dekat dengan kantor :hehe :peace. Terima kasih atas rekomendasinya :haha, saya akan mengunjungi restoran itu dalam waktu dekat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahh, masa kamu belum pernah kesini.
      Memang yah, biasanya orang Jakarta, tempat2 yang dekat kadang suka ditunda terus.
      Cepetan mas...

      Delete
  5. sering kabur ke sini kalo istirahat kantor, mendinginkan kepala yang mengepul kepanasan :P

    ReplyDelete
  6. Ini ni yg gak pernah sempet, padahal pengen, taunya cuman di tv plus di postingan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cepetan ke ragusa. jangan cuma taunya di Tv doang.

      Delete
  7. emg rekomended bgt es krim ini :D

    ReplyDelete
  8. diitung2 aku baru 2x ksana.. suka sih ama es krimnya...tp rada mahal dgn porsi yg rada kecil ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum coba es krim porsi kecilnya,
      waktu kesana memang langsung tanya, saya mau pesan menu favoritnya.

      Delete
  9. Ini tempat pertama pacaran dahulu banget ehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata tempat ini punya kenangan yang indah yah buat kalian berdua yah.

      Delete
  10. aku belumm pernah kemari euy, next mudik kesana ah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, kalau balik ke Jakarta sempatkan ke Ragusa.

      Delete
  11. yang es krim spageti harganya berapa kaak?

    ReplyDelete
  12. ah, akbar! ajak-ajak dong kalau makan es krim lagi, hehehe...

    ReplyDelete
  13. wah sekarang sudah self service yah .... kalau datang sendiri pas berdiri bisa di dudukin orang lain donk :)
    tapi masih tetap dapat air putihnya kan

    ReplyDelete
  14. Ini enak banget mas, sambil makan asinan betawi yang mangkal didepannya juga top banget loh mas :D

    ReplyDelete
  15. dicatet... buat jalan2 ke jakarta nanti.. thanks gan...

    Pecinta Bola Gabung di Sini

    ReplyDelete
  16. Obsesi dari dulu adalah makan di toko es krim tua di kota-kota besar se-Indonesia. Tip Top di Medan, Zangrandi di Surabaya, dan Toko Oen di Malang udah disamperin.

    Ehhhhhhh, malah Ragusa belum pernah padahal pernah tinggal di Jakarta 10 tahun. Walaupun niatnya lebih ke jajanan di depannya sih :(

    ReplyDelete
  17. keliatannya enak bangett ya,bisa buat referensi :D

    ReplyDelete
  18. es cream spaghetinya mengiurkan sekali mas, jadi pingin apa lagi panas - panas begini

    ReplyDelete
  19. Wah ini nih yang saya cari-cari dari dulu. Sempet waktu itu liat ulasannya sekilas doang di tv, cuma lupa lagi nama es krimnya. Kebetulan banget baca di atrikelnya disini.
    Fix lah akhir pekan nanti harus kesini. Makasih ya infonya ;)

    ReplyDelete

Pembaca yang baik yang meninggalkan komentar