Yuk, Berwisata Keliling Jakarta

Monday, October 05, 2015 muhammad akbar 66 Comments

Jakarta, kota metropolitan dengan segala aktifitas yang tiada henti. Kota yang menjanjikan harapan, namun terkadang tidak sesuai dengan ekspektasi para perantau, alhasil Jakarta semakin ramai, semakin sesak dan semakin riuh. Namun dibalik semua itu, Jakarta selalu punya cerita, yang tidak pernah habis untuk diceritakan.

Lupakan sejenak permasalahan Jakarta, mari kita bertamasya. Tidak melulu harus ke Bogor atau ke Bandung. Dua tempat yang selalu menjadi pilihan tempat berwisata orang Jakarta. Kenapa harus keluar kota, kalau Jakarta punya destinasi yang jauh lebih asyik untuk ditelusuri.

Jakarta memang bukan kota tujuan wisata, tapi bisa dibilang semuanya ada disini dengan pesonanya sendiri. Jakarta menyimpan keindahan yang kadang membuat orang tidak sadar. Apa yang kamu cari semuanya ada, ingin menikmati sunrise cukup membuka jendela (apartemen lantai atas), ingin menikmati indahnya pantai cukup menyebrang ke pulau-pulau yang ada di Kepulauan seribu, ingin menikmati sajian kuliner nusantara cukup datang ke kawasan Kelapa gading dan jalan Sabang, Ingin melihat aneka macam binatang maka datanglah ke Taman Margasatwa Ragunan, ingin menikmati indahnya sunset dan kelap kelip kota Jakarta datanglah ke cafe roof top Jakarta. Apalagi wisata sejarahnya, Jakarta bisa menjadi pilihan destinasi paling lengkap untuk dijelajahi.

Keliling kota Jakarta di hari libur sangat  mengasyikkan untuk dijelajahi, jika punya waktu sehari pun bisa mengunjungi beberapa tempat. Mari berpetualang...

Monumen Nasional Jakarta
Memulai petualangan di acara car free day, menikmati sejuknya udara pagi kota jakarta tanpa polusi kendaraan, maka datanglah ke kawasan Monas hingga Senayan. Sepanjang jalan Tamrin - Sudirman ditutup setiap hari minggu, mulai pagi hari hingga pukul 11 siang. Kapan lagi bisa merasakan Jakarta dengan kebebasan seperti ini, ada banyak yang bisa kamu lakukan mulai dari berolahraga, menonton beberapa pertunjukan yang ditampilkan oleh beberapa komunitas. Selain itu, di kawasan Monas terdapat beberapa penjual kaki lima yang menjajakan aneka kuliner dan cindera mata. Sempatkanlah juga naik ke atas puncak Monas, dengan membayar 3500 kamu sudah bisa menikmati 360 derajat kota jakarta dari ketinggian

Pemandangan kota Jakarta dari Puncak Monas
Kawasan Kota Tua
Selanjutnya mari melanjutkan petualangan menuju Kota Tua, dari Monas cukup naik Transjakarta menuju halte Kota Tua. Tiba di Kawasan Kota Tua, pengunjung akan terasa kembali ke zaman tempo dulu, gedung-gedung tua menjadi ciri khasnya. Ada banyak museum disini, tapi saya lebih merekomendasikan Museum Bank Indonesia dan Museum Fatahillah, dua museum yang cukup mewakili. Tak hanya itu disini kamu bisa menyewa sepeda untuk keliling kawasan kota Tua. Jangan lupa berfoto dengan manusia patung di depan Museum Fatahillah.

Es Krim Italia Ragusa
Matahari jakarta sudah mulai meninggi, panas jakarta mulai tak tertahankan. Mari menuju stasiun kota, lalu naik commuter line menuju stasiun Juanda. Tidak jauh dari stasiun Juanda, mari menuju Ragusa Es Italia, toko yang menjual es krim dari italia yang sudah melegenda sejak 1932. Panasnya kota Jakarta akan langsung hilang setelah menikmati es krim yang rasanya tiada duanya. Es krim tanpa pengawet yang begitu lembut. saya baru saja mengunjunginya minggu kemarin, rasanya memang juara.
Banana Split Es Krim
Bakmi Gang Kelinci
Puas menikmati es krim, tapi belum cukup kenyang maka destinasi selanjutnya adalah  Bakmi Gang Kelinci, Warung Bakmi yang cukup terkenal. Lokasinya di Gang Kelinci kawasan Pasar Baru, cukup berjalan kaki dari Ragusa Es Krim. Pilihan semangkok bakmi akan membuat perut keroncongan menjadi kenyang. Bakmi Gang Kelinci memiliki cabang dimana-mana, tapi menikmati langsung dari asalnya bukankah menjadi liburan yang menyenangkan.

Taman Margasatwa Ragunan
Selanjutnya mari melanjutkan petualangan menuju Ragunan, berhubung lokasinya agak jauh mari kita naik Gojek, transportasi ngehits di Jakarta. Ragunan ini lokasinya di Pasar Minggu Jakarta Selatan. Kebun binatang ini memiliki banyak koleksi hewan mulai dari binatang yang kecil hingga yang besar. Kalau di ragunan saya paling suka kawasan pusat primata schumutzer karena disini saya bisa membedakan gorilla dan sejenisnya

Bisa Bedakan??
Sky Dinning Plaza Semanggi
Sore pun tiba, petualangan belum berakhir. destinasi selanjutnya Sky Dinning, tempat dimana bisa menyaksikan sunset kota Jakarta. Lokasinya berada di lantai 10 plaza semanggi. Saya paling suka menunggu matahari terbenam disini, tempatnya strategis dimana bisa melihat senja dari ketinggian sambil menunggu malam tiba yang juga tidak kalah indahnya. Gedung-gedung disekitarnya akan menjadi pemandangan yang membuat saya tak ingin beranjak.

Matahari terbenam, malam pun tiba. Petualangan keliling Jakarta berakhir disini. Sebenarnya masih banyak tempat yang bisa ditelusuri namun waktu sehari tidak akan pernah cukup untuk menjelajahinya.

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog “Blog Competition #TravelNBlog 4 Jakarta 24 Jam” yang diselenggarakan oleh @TravelNBlogID

66 comments:

1. aku suka yg museum fatahillah tdk pernah bosan

Replies
    1. Museum Fathillah memang tidak membosankan.
      Sepertinya kamu sudah banyak banget museum yang sudah kamu kunjungi.
      Ajak-ajak dong.

2. es kriiiimmmmmmmmmm.. :D
    Yummy :9

1. Rasanya juara deh,
      Postinganmu salah satu alasan membawa saya ke Ragusa, tau tempatnya sudah lama sih tapi gak pernah kesampaian. Akhirnya minggu kemarin saya bisa kesana juga.

Delete
  3. Pernah kepikiran pingin ikut wisata malam kota tua.
    Tapi sampe sekarang belum terlaksana -__-
    Ngeliat ini jadi kepingin ngiter-ngiter Jakarta.
    Dan es kriimnya bakalan bikin gue nggak bisa tidur malam ini.
    Yakin.

Replies
    1. Wisata malam Kota Tua, sepertinya menarik tuh.
      saya jugan belum pernah.

Delete
  4. ajak aku jalan-jalan dong kak :))

ReplyDelete
  5. wisata malam gak dimasukkan ke dalam list mas? hehehee..

anyway..
    jalan kaki di jalanan sudirman thamrin juga asyik juga loh, liat sibuknya orang2 berlalu lalang dan liat gedung2 tinggi, tapi kitanya act as a tourist, itu mengasyikkan kok.. tenan.

Replies
    1. Wisata malamnya bersantai di sky dinning.

Tapi thanks untuk masukannya.
      Noted.

6. waaah, aku udah lama ga ke Ragunan, jadi pengen ke sana lagi deh :D

ReplyDelete
  7. Eh ragunan sekarang bagus ya, Akbar? Aku terakhir ke sana pas SD dah. Pengen ngajak anakku ke sana nih.

Replies
    1. Sudah bagus kak. tempatnya hijau gitu.
      Ayo dudu kita ke Ragunan

Delete
  8. wow,,,keliling jakarta keliatannya seru juga yah gan :) apalagi foto es krim nya bikin ngiler deh :P wkwkwk.. oya gan ane ada info nih buat yg pingin jalan2 ke Raja Ampat bisa di cek lah ^^

Replies
    1. Seru banget bahkan saya masih ingin menjelajah lagi tempat-tempat uang belum saya datangi di Jakarta

9. Es Krim Italia Ragusa sangat menggoda :G

ReplyDelete
  10. Saya kemarin baru aja tuh wisata malam di Kota Tua.

Tapi ya, duduk lama-lama di sana, ngasih uang buat pengamen lebih banyak daripada jajannya haha

Replies
    1. Seru juga tuh wisata malam di Kota Tua.

Delete
  11. Jakarta, dulu lahir di kota ini, tapi ortu harus pindah ke daerah karena tuntutan. Sekarang udah berubah banget, jadi kurang bisa menikmati karena banyak hal.

Tapi yang pasti, tempat ini penuh dengan sejarah bangsa kita :D

Replies
    1. Wah, kamu ternyata lahir di Jakarta.

Kalau mau wisata sejarah Indonesia, Jakarta memang salah satu top list destinasi.

12. Aku blm pernah masuk monasssss ihik ihik

Replies
    1. Masa sih tidak pernah masuk Monas??
      Kalau weekend memang ramai sekali, tapi kalau hari biasa sepertinya bisa langsung masuk tanpa antri

Delete
  13. Wow Akbar! jangan bilang bela2in ke Ragusa demi postingan ini!! hahahaha...

mantap lah, good luck buat lombanya! :D

1. kamu kok tau....
      Salah satu alasannya itu, tapi memang sudah lama penasaran dengan es krim Ragusa, cuma baru kesampaian minggu kemarin.

Delete
  14. saya suka dengan es krim ragusa. Tapi gak tahan antreannya :)

Replies
    1. Antriannya memang luar biasa panjang, antri tempat duduk dan antri pesanan.

Delete
  15. Kalau aku di Jakarta senangnya ke tempat-tempat tua atau wisata kulineran. Nice post Bar ;)

Replies
    1. Saya juga lagi senang ke Jakarta menyusuri kawasan bersejarah setelah mengunjungi Pasar Baru, sepertinya masih banyak tempat yang harus saya kunjungi.

Delete
  16. Jakarta is really Big Durian. Either you love it, or hate it :)

ReplyDelete
  17. Jakarta emang top! Sebagai orang asli Jakarta saya merasa bangga dengan kota kelahiran saya, deskripsi destinasinya lengkap banget btw kalo ke Jakarta lagi, bisa kita berjumpa mas :D

Replies
    1. Bisa mas, saya biasanya weekend main ke Jakarta. Masih banyak tempat yang belum saya datangi.

18. yang belum kesampaian itu sky dining di plaza semanggi :((

Replies
    1. Tempatnya asyik mas untuk nongkrong tanpa menguras isi kantong.

Delete
  19. Kemaren baru saja dari Jakarta, dan sempat mampir ke taman Fatahillah, ampun deh ramainya.... hehehe Monas juga udah pernah, cuma katanya sekarang nggak ada apa-apaan lagi di sana. Tambahkan juga mas, kalo pencinta buku dan musik harus mampir di lantai dasar blok-m square, tempat bazar buku murah....

ReplyDelete
  20. wah keren2 lokasi yg ada di jakarta. es krim nya pernah coba. memang juara sih. lembut dan enak

21. gorilanya pasti yang paling kanan!

Replies
    1. Ahhh, ternyata kak Vira lebih jeli dalam membedakan 4 gambar yang berbeda.

Delete
  22. Setiap ke Jakarta, tidak lupa untuk berkunjung ke Kota Tua, asyik banget tempatnya buat hunting foto :D
    Apalagi klo kesananya rame2, tambah seruuu

Replies
    1. Kota Tua punya banyak spot yang keren, gedung-gedung tuanya klasik gitu.

Delete
  23. Siap-siap.. Ditunggu kalo ke Jakarta ya mas. Mampir lagi nih mas, nunggu tulisan yang baru :D

ReplyDelete
  24. gorilanya yang mana yah? hihihi....

1. Memang gak bisa bedakan? *sodorkan kacamata kuda*

Delete
  25. Gue gak suka sama Ragusa! Mahal.

Replies
    1. Ada juga kok yang murahnya. 15 ribu yang porsi kecil.

Delete
  26. wah,,,, jadi pengen explore jakarta juga :)

padahal tinggal di jakarta udah puluhan tahun.. tetap aja beberapa tempat belum dikunjungi :)

Replies
    1. Kadang memang orang Jakarta malas, sukanya nunda-nunda.

Delete
  27. kalau saya paling suka kota tua.. tiap liburan ke jakarta pasti selalu kesini.. kalau monas banyak preman dan kurang aman menurut saya :D

Replies
    1. Kota Tua, memang sudah tertata sih. saya lebih suka nongkrong di cafe-cafenya

28. lebih suka liburan di kota tua kalau saya :D

Replies
    1. Saya sih lebih suka semuanya asalkan ada yang ajak.

29. YAh kan jadi kangen es cream ragusa niiih huhuu

1. Hmmm, punya kenangan yah dengan Ragusa. hehehe

30. Seru ya, Kak ..
    Emang kalo mau jeli, banyak titik menarik yang dipunyai Jakarta ..
    Terutama museum, banyak banget di sana. Menyenangkan .. :D

Replies
    1. Iya, saya juga masih banyak museum yang belum saya datangi.

31. Kalau ke ragunan tempat yg sy suka juga pusat primata mas
    cuma sayang kalau tempat2 lainnya kaya kurang terurus, tapi itu 1 tahun lalu ga tau kalau sekarang
    tapi kesan terakhir saya kesana sama anak, cape jalannya doang tapi yg bisa diliat cuma sedikit :(

Replies
    1. Mungkin kurang biaya perawatannya, padahal kalau dikelola dengan baik bisa menghasilkan banyak keuntungan, apalagi lokasinya dekat dengan Jakarta.

Delete
  32. waahhh bagus nih.. buat yang jalan2 ke jakarta buat liburan bagus jadi rekomendasi...

Pecinta Bola Gabung di Sini

ReplyDelete
  33. Itu yang foto gorilla, ada 4 apa 3 sih gorillanya, kayaknya 4 yak? hahhaa...
    *kabuur

34. jakarta kenapa selalu macet.. pusing deh kalo udah kena macet.
    kalo seandainya jakarta jadi kota yg tertib mungkin jakarta bisa jadi ibukota yg mempesona hehe
    tapi tetap aja jakarta juga punya sejarah dan tempat2 menarik buat dikunjungi

ReplyDelete

Pembaca yang baik yang meninggalkan komentar