Ayo Ke Luwuk, Melihat Gerhana Matahari Total 2016

Tuesday, March 08, 2016 muhammad akbar 39 Comments

Gerhana Matahari Total 2016 (http://news.liputan6.com/)
Fenomena Gerhana Matahari Total (GMT) tahun 2016 merupakan momen langkah, setidaknya butuh 33 tahun setelah tahun 1983 untuk bisa melihat kembali gerhana matahari total. Saat itu saya belum lahir, jadi momen tahun ini tidak ingin saya lewatkan begitu saja. 

Ini sebuah keberuntungan bagi Indonesia karena menjadi satu-sataunya negara yang dilalui gerhana matahari, selebihnya di lautan. Diperkirakan akan banyak wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia demi melihat Gerhana Matahari Total, bisa dilihat dari pemberitaan beberapa hari terakhir di media massa, khususnya media televisi. Semuanya memberitakan bahkan ada yang sudah siap untuk meliput secara live streaming agar semua masyarakat Indonesia bisa melihat fenomena ini.

Ketakutan-ketakutan masa dulu sudah tidak ada lagi, walaupun masih ada sih sebagian orang yang masih takut untuk melihat langsung. 

Saya takut keluar rumah nanti mata saya buta” itu artinya kamu masih berpikir tempo doeloe. 

Ada dua hal penting yang harus diketahui, pertama jangan melihat langsung pada saat matahari mulai menutup, yang kedua jangan melihat langsung pada saat matahari sudah mulai terlihat kembali. Saat itu cahaya matahari sangat terang dan bagian retina mata tidak mampu untuk melihatnya. 

Nah, bagaimana dengan lokasi Gerhana Matahari Total 2016 di Indonesia? Jauh hari sudah diumumkan bahwa beberapa kota di Indonesia akan dilalui Gerhana Matahari Total, ada kota Palembang, Bangka dan Belitung di Pulau Sumatera. Ada kota Palangkaraya, Sampit dan Balikpapan di Pulau Kalimantan. Ada kota Palu, Poso, dan Luwuk di Pulau Sulawesi. Terakhir kota Ternate. Dinas pariwisata setempat sudah siap menyambut para wisatawan yang datang, ini merupakan berkah bagi sektor pariwisata Indonesia. 

Selain kota tersebut, masih ada beberapa kota lainnya namun kamu hanya melihat gerhana matahari setengah, tapi masa iya melihat fenomena ini setengah-setengah, sempatkanlah mengunjungi salah satu kota diatas. Nah, dari daftar kota tersebut, saya sendiri akan menyaksikan momen ini di Luwuk, Sulawesi Tengah. Luwuk adalah Ibukota kabupaten Banggai, kabupaten paling timur di Sulawesi Tengah. Kota kecil dengan pemandangan perbukitan dan pantai adalah landscape kotanya. Letaknya yang di ujung timur dari ibukota provinsi, Palu. Jarak dari Palu sekitar 600 km, namun tidak menjadikan kota ini terpencil. Kehadiran Bandara Syukuran Aminuddin Amir yang memiliki rute penerbangan Luwuk-Palu, Luwuk-Makassar dan Luwuk- Manado, setidaknya ada 3 kali penerbangan setiap harinya untuk ketiga kota tersebut.




Kota Luwuk memang tidak semeriah kota lainnya dalam menyambut GMT seperti Palembang, Belitung, Palu dan Ternate. Namun itu tidak menjadikan bahwa luwuk bukan menjadi pilihan terbaik untuk menyaksikan peristiwa langkah ini. Ada 3 hal yang harus kamu ketahui tentang Luwuk, disimak baik-baik yah!

Luwuk sebagai tempat Gerhana Matahari Total dengan durasi paling lama
Pusat sains antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) telah merilis daftar kota yang dilalui Gerhana Matahari Total beserta waktu dan durasinya. Dari data tersebut, kota luwuk sebagai kota dengan durasi waktu paling lama menyaksikan GMT, sekitar 2 menit 50 detik. Kemudian disusul Poso dengan 2 menit 40 detik dan Ternate 2 menit 39 detik. 

Bukit Keles, Spot terbaik Melihat GMT dari ketinggian.
Tidak hanya tentang seberapa lama kamu menikmati gerhana matahari, tapi di Luwuk juga mempunya spot terbaik, Bukit Keles. Dari ketinggian bukit keles kita bisa melihat fenomena ini secara langsung tanpa terhalang dari gedung bertingkat, atap rumah atau pepohonan. Tentunya kamu tidak mau, melihat GMT tapi pandanganmu tidak leluasa.  Kamu bisa mengabadikannya dari berbagai sudut dengan pemandangan laut dan kota luwuk dari ketinggian.






Pantai Kilo Lima, Spot terbaik Melihat GMT dari pantai
Selain Bukit Keles,ada pantai paling terkenal di Luwuk. Dari namanya sudah bisa ditebak, pantai ini lokasinya 5 kilometer sebelah barat daya kota Luwuk arah ke Batui. Pantai pasir putih dengan gradasi warna air lautnya yang membuat orang melihatnya pengen langsung nyebur. Menikmati Gerhana dari pantai ini, juga pilihan terbaik. Sepanjang pantai ini juga terdapat warung dengan menu andalan pisang goreng sambel ikan roa. 



Tiga alasan diatas, setidaknya bisa membuat kamu untuk berkunjung ke Luwuk. Masih ada dua hari lagi, namun sepertinya saya sudah tidak sabar melihat kejadian langkah ini. Luwuk menjadi kota pilihan saya, kamu dimana?


39 comments:

  1. Trimakasih telah memposting ini kak. izin share ya~ selamat berkunjung ke luwuk :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih juga sudah berkunjung,
      Silahkan di share.

      Delete
  2. Wokelah mas, pokoknya nggak melihat secara langsung matahari mulai menutup dan matahari mulai membuka,,, btw, itu nggak ada gerhana matahari pun Luwuk menarik untuk dikunjungi mas, lawong pemandangannya pun kece banget, :-) salam kenal mas Akbar dari Jogja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmbauan dari BMKG gitu,
      benar banget, Luwuk itu punya potensi pariwsata cuma kurang promosi saja.
      Salam kenal balik

      Delete
  3. Dulu ngak boleh liat beginian, zaman pak harto semua disuruh di dalam rumah.
    Eh sekarang semua nya pada berebut nonton gerhana hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. GMT jaman Pak Harto saya belum lahir kak. hehehe
      Bener, sekarang GMT malah dipromosikan banget sebagai pariwsata langkah. sebuah keuntungan sih buat Indonesia.

      Delete
  4. Replies
    1. Ayo ke Luwuk lagi.
      Btw, kalau ke Luwuk bekabar yah.
      siapa tau bisa jalan bareng

      Delete
  5. thx kak infonya, wih luwuk cakep tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak hanya cakep tapi menarik untuk dikunjungi

      Delete
  6. Wah saya dirumah saja, itu pun juga udah ketinggalan.

    Keren ya fotonya luwuk, aslinya gimana ya? jadi pengen kesana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aslinya biking merinding.
      sayang banget kamu malak keasyikan tidur padahal bisa melihat juga GMT sebagian di kota2 lain.

      Delete
  7. Subhanallah keren bangettttt... :D
    kece banget suasana sunsetnya..

    ReplyDelete
  8. Tadinya aku pengen ke Luwuk kak, buat liat Gerhana Matahari Total.
    cuma tiketnya lumayaaan hahaha.
    Akhirnya Balikpapan jadi pilihan. Lucky me, bisa liat Gerhana Matahari total tanpa drama drama wkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mmg derama nya apaan kak raisa ???

      Delete
    2. Saya liat tiketnya memang mahal kemarin pas tanggal segitu padahal biasanya Makassar-Luwuk cuma 500an, tapi gak tau lagi Jakarta-Makassarnya, karena harus dua kali naik pesawat sih.

      Kita sama2 beruntung menikmati gerhana tanpa drama dramaan yah.

      Delete
    3. Kak Cumi, sepertinya cerita cinta Raisa dan Afgan. hehehehe

      Delete
  9. Indonesiaaa cantik sekali dirimuuu, tak bosan2 menjeljahi setiap sudut mu, bawa aku lagi menuju timur barat selatan dan utara menyusuri setiap panorama dan keeksotisan budaya mu

    ini kebawa nasionalisme gegara Akbar yang nasionalis abis, saluuttt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setiap orang punya arti sendiri tentang nasionalisme, saya sih hanya melakukan hal-hal yang bisa membuat indonesia dikenal, karena berkarya untuk indonesia dengan apa yang kita mampu.

      Semoga yah, kita bisa melihat sudut-sudut indonesia

      Delete
  10. dan saya cuma bisa terdampar di kasur saat gerhana akibat sakit selama seminggu..
    *tenggak vitamin*

    ReplyDelete
  11. wah keren luwuk.
    saya waktu GMT terjadi saya malah di dalam ruangan.hehe...
    kapan-kapan saya coba ke luwuk deh, kayaknya enak...

    ReplyDelete
  12. Gara-gara postingan ini aku jadi pengen ke Luwuk. Aku baru bacaaaa tulisan lengkapnya darimu soal Gerhana Luwuk. Bagus banget yaaaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebagai pecinta Pantai, Luwuk itu punya pantai dan pulau yang keren-keren.
      Yakinlah kamu tidak bakalan menyesal.

      Delete
  13. Saya di Jawa barat aja deh bang.. karena sama kok bentuk gerhana mataharinya hehe kalo beda ntar ane ke luwuk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bedanya kalau di Luwuk itu Gerhana Matahari Total

      Delete
  14. Enak ya tgl di makassar. Banyaj direct flight ke kota2 eksotis di indonesia tengah dan timur. Salah satunya luwuk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kemana-mana yah tapi tergantung isi domnpet, selain pesawat yang banyak direct flight, makassar juga banyak pilihan kapal laut yang bisa ke Indonesia bagian timur.

      Delete
  15. keren pemandangan dari bukit keles. seperti ambil foto pakai drone. bener2x keren..

    ReplyDelete
  16. Luwuk seru juga, gak kayak di Palembang ketutupan asep. SAD :((

    ReplyDelete
  17. Wah saya dirumah saja, itu pun juga udah ketinggalan.

    Keren ya fotonya luwuk, aslinya gimana ya? jadi pengen kesana :D

    ReplyDelete
  18. Huwooooh Luwuk ternyata sangat indah dari lensa kamera, pingin kesana huhuhhu.. tapi jauh banget dari rumah hihihi :(
    Indonesia memang negeri yang kaya dengan pemandangan alam nomor satu yah

    ReplyDelete
  19. Duh luwuk ya, banyak tempat keren disana apalagi pantainya
    terakhir kesana 6 taun lalu & udah kangen pengen balik lagi

    ReplyDelete
  20. Teknologi memang sangat membuka banyak pengetahuan yang sangat berpengaruh, seperti gerhana matahari ini. Mungkin jika teknologi belum secanggih ini, kita akan masih takut dengan gerhana matahari, seperti kata mas muhammad akbar, saya takut keluar rumah nanti mata saya buta, itu berarti masih berpikir tempo dulu.

    ReplyDelete
  21. Wiih, keren banget om suasana dan pemandangannya...

    ReplyDelete

Pembaca yang baik yang meninggalkan komentar