Nikmatnya Ayam Panggang Bu' Suryani di Desa Gandu

Tuesday, March 25, 2014 muhammad akbar 11 Comments

Ayam Panggang Desa Gandu
Perjalanan pulang dari Sarangan kami sempatkan menikmati kuliner di kawasan ayam panggang, dikenal sebagai desa ayam panggang "Sentra Ayam Panggang Desa Gandu" sebuah gang kecil yang semua rumah menyajikan ayam panggang. Sentra ayam panggang tepatnya berlokasi di jalan Ngawi - Magetan, Kecamatan Karangrejo Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Bus yang membawa kami berhenti di sebuah desa yang terbilang sepi. Sepanjang perjalanan saya tertidur pulas dan ketika dibangunkan saya kebingungan kenapa bus berhenti disini yang biasanya berhenti di SPBU atau mesjid. Kami semua turun dari bus kemudian menyusuri sebuah gang kecil dimana semua rumah penduduk menyajikan ayam panggang. Setiap rumah memiliki nama warung sesuai dengan nama penghuninya, diantaranya ada Bu' Bari, Bu' Mar, Mbak Lastri, Bu' Setu, Bu' Sarmi, Bu' Sri, Mbak Mimin dan Bu' Suryani. Mereka menjual berdampingan tetapi mereka punya prinsip bahwa rezeki sudah ada yang mengatur sehingga para ibu -ibu mempunyai langganan sendiri tanpa ada rasa kecemburuan.

Kami memilih ayam panggang Bu' Suryani yang lokasinya paling ujung dari semua deretan rumah makan. Sebuah rumah dua lantai berwarna putih dengan corak ungu. Terdapat sebuah balai-balai dan ayunan yang terbuat dari kayu. Ada yang berbeda disini dimana tak ada satupun kursi dan meja seperti rumah makan pada umumnya, yang ada hanya hamparan tikar anyaman plastik yang dibentangkan. Pengunjung menikmati hidangan ayam panggang dengan konsep lesehan.

Tampak Depan Rumah Bu' Suryani
warung makan dengan konsep lesehan
Kami memesan dua porsi ayam panggang dengan varian rasa pedas dan gurih dengan sambal bawang, sambal terasi, lalapan dan aneka macam sayur. Ayam panggang rasa pedas warnanya kemerahan karena cabenya sedangkan ayam panggang rasa gurih warnya agak kekuningan dari rempah kunyit. 

Ayam panggang yang disajikan berasal dari ayam kampung sehingga dagingnya sangat empuk. Tak hanya itu ayamnya dipanggang menggunakan tungku tanah dan kayu bakar sehingga aromanya sangat terasa. Paduan sambal dan ayam panggangnya sungguh nikmat hingga membuat saya pantang untuk mundur sebelum habis walaupun saya dibuat ngos - ngosan oleh sambalnya.

Ayam Panggang Pedas dan Ayam Panggan Gurih
Tungku Tanah dengan Kayu Bakar
Bu' Suryani (baju batik)
Tak salah jika saya harus mengatakan bahwa Ayam Panggang Bu' Suryani merupakan ayam panggang paling enak yang pernah saya nikmati. Berkunjung ke Ngawi, sepertinya harus sempatkan berkunjung ke Desa Gandu untuk menikmati ayam panggangnya. Jika Madura punya Bebek Sinjay dan Makassar punya Coto Makassar, Desa Gandu juga punya Ayam Panggang yang bisa diadu kenikmatannya. Recomended

Toss Es teh dulu sambil Elus perut

Sentra Ayam Panggang Desa Gandu

Ayam Panggang Bu' Suryani
(0351) 7788088

Lets travel to experience the beauty of Indonesia
@indonesianholic

www.indonesianholic.com


11 comments:

  1. Nhat nyobain ah kalau ada waktu ke Ngawi...

    ReplyDelete
  2. Ngiler mas bro...Itu kenapa restonya tikeran gitu, kayak kendurenan..hehehe

    ReplyDelete
  3. Itu bagian dari ciri khasnya sehingga terkesan alami

    ReplyDelete
  4. Konsepnya kayak orang kondangan atau kenduri gitu ya. Makan di tikar bareng2 :)

    ReplyDelete
  5. Ayam panggang salah satu menu favorit saya... layak di coba nih.... :D

    ReplyDelete
  6. Banyak banget yg jualan disana, perna lewat tapi ngak sempet nyobain. Baru tau kalo model nya kayak di rumah gitu yaaa duduk lesehan kayak orang selamatan hehehe

    ReplyDelete
  7. BagiBagi kamu yang memiliki usaha Rumah Makan Cepat saji dan ingin cepat terkenal, kamu bisa coba menggunakan take away box Greenpack. Dengan boxnya Anda dapat membranding usaha rumah makan Anda agar lebih terkenal, cek selengkapnya di sini http://www.greenpack.co.id/

    ReplyDelete
  8. Gandu itu masuk wilayah Magetan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, Gandu itu masih wilayah Magetan yah?

      Delete
  9. *lap iler

    hmmm oagi2 baca soal ayam panggang, rasanya tuh langsung kelaparan.. kapan ya ke Magetan biar bisa mampir hihihi

    ReplyDelete

Pembaca yang baik yang meninggalkan komentar