Tips Backpacking ke Pantai Apparalang Bulukumba

Sunday, March 29, 2015 muhammad akbar 46 Comments

Pantai Apparalang, Bulukumba
Pantai Apparalang merupakan salah satu pantai di Bulukumba yang akhir-akhir ini sedang hangat diberbagai media sosial baik itu facebook, twitter, dan instagram. Sosial media lah yang membuat Pantai Apparalang dikenal oleh para wisatawan. Pantai yang katanya mirip Raja Ampat atau lebih tepatnya Raja Ampat versi Bulukumba.
 
Bulukumba memang dikenal sebagai surganya destinasi wisata pantai, sebut saja Tanjung Bira dan Pantai Bara. Setelah saya datang ke Pantai Apparalang awal tahun 2015 kemarin, saya pun berkesimpulan kalau Bulukumba tidak hanya Tanjung Bira, ternyata masih banyak pantai yang lebih indah namun belum terexplore diantaranya Pantai Apparalang, Pantai Mandala Ria, Pantai Samboang, Pantai Kaluku dan Pantai Kasuso. 

Begitu banyak orang mempertanyakan tentang keberadaan lokasi Pantai Apparalang. Saya pun demikian,  sebelum kesana sempat bertanya  di grup facebook Makassar Backpacker tentang keberadaan tempat ini. Ternyata lokasinya masih satu jalur dengan Tanjung Biru tapi entah kenapa saya belum pernah melihat tempat ini. Saya sempat kesasar hingga tiga kali sebelum menemukannya. Cukuplah saya tersesat, makanya saya ingin berbagi informasi yang lebih detail tentang Pantai Apparalang.

Berikut informasinya :

Transportasi menuju Pantai Apparalang?
Transportasi ke Pantai Apparalang sama halnya transportasi ke Tanjung Bira, saya sudah pernah mengulasnya di Tips backpacking ke Tanjung Bira. Saran saya, jika mau ke Pantai Apparalang alangkah baiknya naik motor karena jalurnya agak curam dan berbatu. Ada banyak rental motor di Tanjung Bira, harganya bervariasi dari harga 50K - 70K. 

Lokasi Pantai Apparalang?
Pantai Apparalang berada di Desa Ara, Kecamatan Bonto Bahari, Kab. Bulukumba. Lokasinya masih satu jalur menuju Tanjung Bira. Lima kilomenter sebelum tiba di Tanjung Bira atau lebih tepatnya sebelum melewati jalan penurunan Lahongka, anda akan mendapatkan pertigaan jalan  (SMK 6 Perkapalan Bulukumba). Dari pertigaan itu, kemudian belok kiri menuju Desa Ara. Setelah itu saya akan jelaskan lagi lebih detail.

Jalur Menuju Pantai Apparalang?
Setelah belok kiri dari jalan poros menuju Tanjung Bira, selanjutnya anda akan melewati jalan depan sekolah SMK 6 Perkapalan. Sekitar empat kilometer dari pertigaan anda akan mendapatkan gerbang Pantai Apparalang di sebelah kanan. Jika anda masih bingung, saya akan jelaskan lebih detail lagi, yakinlah anda tidak akan tersesat.
Pertigaan Desa Ara dan Jalur Menuju Tanjung Bira
Gerbang Pantai Apparalang
Jalan terus sampai dapat penurunan.
Pertigaan ini , anda belok kiri.
 Beberapa ruas jalan masih dalam tahap pengerjaan
Setelah mengikuti petujuk seperti yang saya jelaskan anda akan medapatkan sebuah lahan parkir yang cukup luas dan beberapa gapura. Selanjutnya anda tinggal berjalan ke kiri menuju pantai Pantai Apparalang.

Penginapan di Pantai Apparalang?
Tidak ada fasilitas penginapan di Pantai Apparalang. Saran saya, lebih baik menginap di Tanjung Bira karena disana ada banyak pilihan penginapan. Menginap di tenda atau ngecamp, bisa juga menjadi pilihan di Pantai Aparalang tapi kontur tanahnya berbatu. Informasi Penginapan di Tanjung Bira,  baca disini
Lahan parkir bisa menjadi pilihan untuk mendirikan tenda
Warung Makan di Pantai Apparalang?
Tidak ada warung yang permanen di Pantai Apparalang, tapi ada beberapa warga sekitar yang berjualan cuma gak setiap hari, hanya memamfaatkan moment hari libur atau weekend. Anda bisa membawa sendiri atau membeli cemilan di Tanjung Bira, tapi ingat yah sampahnya jangan dibuang sembarang. Ini penting banget, jangan sampai Pantai Apparalang cuma dinikmati pantainya saja tanpa mempertimbangkan kebersihannya.

HTM Pantai Apparalang?
Sewaktu saya kesana, belum ada retribusi resmi alias gratis. Pantai Apparalang memang belum tersentuh oleh Dinas pariwisat Setempat. Tangga kayu menuju dermaga dibangun oleh Dinas Kelautan karena tak jauh dari pantai terdapat menara pandang untuk memantas aktifitas penangkapan ikan di laut. Beberapa masyarakat sekitar hanya memamfaatkan tarif parkir bagi para pengunjung yang datang berlibur di akhir pekan.

Bapak ini sempat bercerita banyak tentang Pantai Apparalang.
Apa yang Menarik di Pantai Apparalang?
Dari kejauhan anda akan disuguhkan landscape garis pantai yang begitu rapi. Pantai Apparalang merupakan sebuah gugusan tebing batu dengan ciri khas warna lautnya, ada juga yang menamakannya Tebing Apparalang. Selain itu ada beberapa bongkahan batu yang memisahkan diri dari induknya, sungguh perpaduan yang terlahir dari alam itu sendiri. Untuk menambah keindahannya, terdapat sebuah tangga dan dermaga kayu. Sulit rasanya mendeskripsikannya secara utuh. 

Bagi pecinta photography, pantai apparalang merupakan tempat yang tepat untuk membidik setiap moment dan frame. Setiap sudutnya punya keindahan tersendiri, tergantung cara anda membidiknya. Selain itu, bagi anda yang suka tantangan atau menguji adrenalin, melompat dari atas tebing adalah jawabannya.

Perpaduan warna lautnya akan membuat anda berdecak kagum
Sisi sebelah kanan Pantai Apparalang
Salam Cinta Indonesia
Let's Explore Indonesia

46 comments:

  1. Wah, menyesal saya baru tau sekarang padahal lokasinya masih satu kecamatan dengan Pantai Tanjung Bira.
    Btw, pantai ini berupa pantai tebing ya, mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pantai ini memang berupa tebing, Lokasinya dekat dengan Tanjung bira, hanya 20 menit dengan naik motor.

      Delete
    2. Ini di tanjung bira? Banyak tempat cakep yah disini~ kemarin ke tanjung bira cuma sehari saja, kurang banget rasanya :|

      Delete
    3. Iya, tempat ini cuma 15 menit dari Tanjung Bira. Emang sih Tanjung Bira sudah tersohor banget, lain kali kalau liburan ke Sulsel sempatinlah main kesini.

      Delete
  2. Sekedar mengoreksi mas. :)
    Poto yang di tangga itu BILI'IA Namanya mas, poto yang mas yg membelakang itu baru APPA'RALANG(pas yg di depannya gapura) :)

    Sebenarnya di kawasan tinadung itu ada 5 destinasi pantai yang bisa dinikmati, selain BILI'IA, APPA'RALANG Masih ada 3 t4 yang masih belum di buka karna terkendala akses jalan yaitu SOLLENG, TA'BING TANGAH DAN SAPPU UJUNG..

    Selain destinasi pantai kita juga sebenarnya bisa menikmati gua purba kala seperti gua PASSEA, PASSOHARA, KASUR, MATA AIR.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas koreksinya.

      Sebenarnya Destinasi wisata di Bulukumba, harusnya bisa dieksplore lagi,
      mungkin ikmal bisa menemani saya jika saya datang kembali ke Bulukumba.

      Delete
  3. Ini yg kemarin heboh di instagram ampe temen gw maksa ngajakin kesini, mmg dipikir ke tanjung bira ini macam ke ancol tinggal ngesot doang hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo ke Makassar lagi cuma 2 jam aja kok kakak.

      Delete
  4. Pantai yang sangat indah. Keren banget Bang Akbar. Airnya jernih banget. mungkin aksesnya saja yang masih kurang baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aksesnya masih dalam tahap pengerjaan.

      Delete
  5. mirip Pantai Dato di Majene mas... hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya katanya, tapi saya belum penah kesana.
      Kemarin cuma sampai Tinambung, padahal sudah dekat banget.

      Delete
  6. mirip pantai di Garut,ada tebing tebing gitu.

    ReplyDelete
  7. Waah, saya juga ikut2an penasaran waktu bang Ridho Amal foto di pantai ini, waktu saya ke Makassar juga belum tahu pantai ini hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oiya, pantai ini memang belum dikenal waktu mas ke makassar tahun lalu.
      Ayo ke makassar lagi mas..

      Delete
    2. Saya kalau mau balik ke Sulsel yang paling pengen banget itu naik ke Bawakaraeng sama Latimojong Mas :)

      Delete
    3. Ayo deh,saya juga belum pernah naik Latimojong.
      Kalau Gunung Bawakaraeng saya sudah pernah, saya bisa guide kalau gunung ini.

      Delete
  8. Bisa untuk berenang enggak ini? Hehe

    www.littlenomadid.com

    ReplyDelete
  9. issh airnya jernih, asik tuh kalau lompat dari tebing :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asik sih, tapi kalau saya sih masih mikir-mikir.

      Delete
  10. waduuhhh asik banget kayanya. bisa dijadiin trip berikutnya nih. ngebantu banget tipsnya ;D

    ReplyDelete
  11. Wauw.... Keren,... semoga bisa menjelajang ke pulau Sulawesi dengan segera... amiin.. :)

    ReplyDelete
  12. GABUNG SAJA DI GROUP FB'APPARALLANG CLIFF JUMPING.....KALAU MAU LIHAT APPARALLANG YG SESUNGGUHNYA

    ReplyDelete
  13. Karang pantai itu keren sekali, ditambah lagi beningnya air laut. Kalo di promosikan dengan tepat pasti banyak turis kesini.

    ReplyDelete
  14. terima kasih untuk informasinya, pantainya sangat menarik untuk dikunjungi.

    ReplyDelete
  15. What a beautiful beach.. :' Duh, jadi mupeng ke sana euy :'

    ReplyDelete
  16. jalannya tantangan banget .. namun hasilnya indahh bnageetttttttt .. keceh paraaahhhh

    ReplyDelete
  17. Bang ajak aku Bang ajak akuuuu *eh ini apa sih*
    pantainya bagus dan yang bikin unik ada karang2nya yang besar dan kokoh :D

    ReplyDelete
  18. sini,sini..nanti saya ajakin.
    Pantainya memang bagus dan wajib banget kamu kunjungi jika ke Makassar.

    ReplyDelete
  19. It's amazing place to go for trip & I'm really impressed to see this wonderful picture of this place.
    Thank's for tips. images are very nice. Thank you for this blog post! it's a very useful post. I just got into camping two years ago and absolutely love it. I stayed at Dinosaur campground for two nights the first week of September last year. My experience could not have been more perfect. I went solo with a tent. This year I would like to try Writing. Thank you.
    This is a fantastic post

    ReplyDelete
  20. Mas punya contact penyewaan sepedaa motor nga di Bira karena dari Bira saya mau ke Apparalang. Thank You.

    ReplyDelete
  21. Tanggal 1-6 januai bsok sy mau ke makasar,jd pingin kunjungi pantai apparalang ini. ada yg mau menemani? spy gk kyk anak hilang jln sndiri kesana haha
    yg mau ke pantai apparalang bareng bisa cntct email sy aul_ard@yahoo.co.id berharap ad barengan spy nambah kawan jg:)

    ReplyDelete
  22. masih dekat dengan tanjung bira ya? tp kelihatannya pantai Apparalang jg indah dan suasananya lebih tenang daripada di Tanjung bira

    ReplyDelete
  23. Wah itu pantainya indah banget...
    Bulukumba itu di propinsi mana ya???


    www.memutihkankulit.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahhaha :D indah banget kak aku udah pernah kesana "3

      Delete
  24. Saya tertarik dengan tulisan anda yang mengenai "Tips Backpacking ke Pantai Apparalang Bulukumba".
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Pariwisata yang bisa anda kunjungi di Pariwisata Indonesia

    ReplyDelete
  25. wah bagus sekali kak pantainya saya tambahin kak pantai di daerahku pantai balekambang di kab malang

    ReplyDelete
  26. indah ya...
    udah lama gak ke pantai semenjak sibuk kerja

    ReplyDelete
  27. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Explore Indonesia.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Explore Indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Explore Indonesia

    ReplyDelete
  28. Kerjanya wisata, wah pekerjaan impian nih :)

    ReplyDelete

Pembaca yang baik yang meninggalkan komentar