Arti Hari Pahlawan bagi Traveller

Saturday, November 14, 2015 muhammad akbar 29 Comments

Setiap tanggal 10 November, Indonesia menetapkan sebagai Hari Pahlawan sebagai bentuk penghargaan kepada para pahlawan yang telah berkorban demi kemerdekaan Indonesia. Banyak cara mengapresiasi Hari Pahlawan, salah satunya dengan upacara, seluruh instansi pemerintahan diwajibkan melaksanakan upacara hari pahlawan. Bukan hanya instansi, para pecinta alam pun sering melakukan upacara Hari Pahlawan, saya masih ingat tahun 2012 dulu, ikut bersama para pendaki gunung regional Semarang melakukan pendakian Gunung Ungaran untuk melaksanakan upacara hari pahlawan.

Sebagai generasi yang lahir setelah Indonesia merdeka, patutnya kita berbangga dan bersyukur karena kita hanya menikmati hasil dari perjuangan para pahlawan yang telah berjuang demi merah putih berkibar. Mengusir penjajah dari Indonesia bukan hal yang mudah, ada banyak nyawa dan harta yang dirampas dan ada banyak lagi yang hilang. 

Dalam rangka Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November kemarin, saya menghadirkan 6 traveler, bagaimana mereka memaknai Hari Pahlawan dan siapa saja mereka? Mari simak penuturannya;

CITRA RAHMAN

Pemuda dari Aceh ini yang namanya mirip nama perempuan, iya namanya Citra tapi lebih sering dipanggil Ocit. Pemilik blog hanaan.com menyebut dirinya Traveler Cilet-Cilet yang artinya traveler abal-abal dalam bahasa aceh. Berbicara tentang makna hari pahlawan dan sosok pahlawan dia punya cerita sendiri.

Apa sih Makna Hari Pahlawan bagi Citra Rahman?
Makna hari pahlawan buatku adalah hari ketika secara khusus mengingat dan merenungi tentang perjuangan dan tokoh pahlawan-pahlawan. kenapa harus di hari pahlawan? ya masa kita harus memperingati hari pahlawan setiap hari? aku mengingat nama hari aja susah apa lagi harus mengingat pahlawan yang buaaanyak sekali.

Siapa Pahlawan Nasional/Kemerdekaan favoritnya?
Pahlawan nasional yang aku kagumi itu Cut Nyak Dhien dan Laksamana Malahayati. karena kedua pahlawan perempuan ini luar biasa sekali perjuangannya. namun pejuang lainnya bukan tidak luar biasa, tapi aku kagum dengan dua sosok ini. Cut Nyak Dhien, berjuang bersama suaminya melawan penjajah, ketika Teuku Umar tewas, perjuangannya tidak malah surut. hingga dia diasingkan pun, perjuangannya di kala kondisi fisiknya sudah sulit, namun tetap berjuang mengajarkan agama ke tempat Pengasingannnya.

Laksamana Malahayati. Jauh sebelum bangsa kita mengenal emansipasi perempuan, Laksamana Malahayati telah bergerak jauh. Laskar Inong Bale-nya terdiri dari janda-janda perang yang dididik untuk melawan penjajah dan berjaga di Benteng Inong Bale. Duelnya dengan Cornelis de Houtman adalah duel paling epic yang pernah aku dengar.

Siapa Sosok Saat Ini yang Menurut CItra Rahman Pantas Menjadi Pahlawan?
Sosok pahlawan saat ini? banyak. pahlawan buatku adalah orang-orang yang berjasa, membantu, menyelamatkan. petugas kebersihan adalah pahlawan, dokter adalah pahlawan, guru adalah pahlawan, orang tua adalah pahlawan, Agustinus Wibowo adalah pahlawan, kawan-kawan juga pahlawan. tanpa mereka, kita bisa apa?  

 
RINTA ADITA

Perempuan yang suka jalan-jalan tapi katanya paling malas mandi dan penyuka sambel terasi. Namanya Rinta Adita, lahir di Malang namun saat ini terdampar di Jakarta demi sesuap nasi dan sambel terasi. Pemilik Blog malesmandi.com ini juga suka menulis tentang kuliner, jadi berkunjung ke blognya kamu harus siap dibuat ngiler. Orangnya tidak suka serius, sesuai dengan karakter tulisan di blognya tapi kalau ngomongin tentang Pahlawan dia punya cerita serius.

Apa Makna Hari Pahlawan bagi Rinta Adita?
Makna Hari Pahlawan agar kita senantiasa mengenang perjuangan para pahlawan telah gigih untuk merebut kemerdekaan dari penjajah. Juga senantiasa bersyukur bahwa berkat jasa-jasa mereka kita bisa menikmati kehidupan yang serba mudah seperti saat ini. Dan yang paling penting bisa jadi motivasi bagi kamu muda bahwa setiap perjuangan itu butuh pengorbanan, jangan gampang galau dan mengeluh.

Siapa sih Pahlawan Nasional/Kemerdekaan favoritnya?
Jenderal Soedirman, Beliau adalah salah satu tokoh kunci dalam perjuangan bangsa Indonesia yang tidak mudah menyerah. Dedikasinya kepada bangsa Indonesia tidak diragukan, bahkan pada saat sakit pun beliau tetap ingin ikut berperang. Sosok pahlawan dan pemimpin yang teladan.
  
Siapa Sosok Saat Ini yang Menurut Rinta Adita Pantas Menjadi Pahlawan? 
Bapak - Ibu guru dan relawan pengajar di seluruh Indonesia. Karena masa depan dan harapan anak-anak Indonesia ada di tangan mereka

FAHMI ANHAR

Namanya Fahmi Anhar tapi lebih sering dipanggil kak Fahmi Hiu, karena dia salah satu orang dibalik #SaveSharks. Pemilik blog fahmianhar.com yang 4 bulan lalu menjadi seorang ayah dengan lahirnya anak pertamanya yang diberi nama Fariz Ahmad Husaini. Saat ini dia tinggal di Semarang, tapi jejak langkahnya sudah sampainya di Uni Emirat Arab, pernah traveling selama 1 bulan di Dubai. Meninggalkan tempat kerjanya sebulan tapi tidak dipecat, kok bisa? Jika penasaran kunjungi saja blognya.

Berbicara tentang Pahlawan, beliau juga punya cerita sendiri. 
Apa Makna Hari Pahlawan bagi Fahmi Anhar?
sebagai momentum untuk mengenang kembali jasa pahlawan yang sudah meraih kemerdekaan Indonesia. Sarana intropeksi dan kontemplasi bagi generasi muda.

Apa yang sudah kita berika bagi bangsa?

Ayo teruskan perjuangan membangun bangsa ini dengan terus berkarya sesuai dnegan bidang masing. Berbuat untuk bangsa dengan apa yang kita bisa bukan hanya selalu mengeluh dan protes.

Siapa sih Pahlawan Nasional/Kemerdekaan favoritnya?
Hadratussyaikh Mbah KH. Hasyim Asy'ari, perjuangan berat beliau sejak jaman penjajahan Belanda, jaman penjajahan Jepang hingga pasca kemerdekaan begitu berat. Bukan hanya umat, tapi kemashalatan bangsa dan negara. Tidak hanya di bidang agama,tapi juga di bidang pendidikan, politik dan bahkan beliau juga ikut angkat senjata.

Saya sampai tidak menyadari kalau berkali-kali meneteskan air mata ketika nonton film sang Kyai yang menggambarkan perjuangan beliau.
Masyaallah...Salut

Siapa Sosok Saat Ini yang Menurut Fahmi Anhar Pantas Menjadi Pahlawan? 
Bapak dan Ibu saya, alasannya setelah saya punya si kecil, kini saya jadi tahu bagaiamana beratnya perjuangan orang tua demi memberikan yang terbaik bagi anaknya.


RIFQY FAIZA RAHMAN

Orangnya suka berpetualang, naik gunung, susur pantai, jelajah kuliner,  tempat bersejarah adalah semua hal yang tidak luput dimatanya di setiap tempat yang dia jelajahi. Namanya Rifqy Faiza Rahman, pemilik blog dari papanpelangi.co baginya perjalanan itu sederhana tapi kalau tentang Pahlawan, baginya itu tidak sederhana.

Apa Makna Hari Pahlawan bagi Rifqy?
Bagi saya, ada dua perspektif. Melihat ke masa lalu dan ke masa kini. Melihat ke masa lalu, kita jadi tahu perjuangan dan pengorbanan para pahlawan melawan penjajah yang nyata demi kemerdekaan dan kedaulatan negeri ini.

Di masa kini, barangkali makna hari pahlawan lebih dari sekadar belajar dan menghormati sejarah, namun juga bagaimana kita mau memulai berkorban dan berjuang menjadi pahlawan untuk kebaikan bersama. Dimulai menjadi pahlawan untuk diri sendiri untuk hal-hal yang berdampak besar: memerangi korupsi, misalnya. Setiap orang sudah seharusnya mau menumbuhkan jiwa kepahlawanannya masing-masing. Hari Pahlawan adalah momentum terbaik untuk itu.

Siapa sih Pahlawan Nasional/Kemerdekaan favoritnya?
Agak sulit memberikan kekaguman bagi sejumlah pahlawan nasional/kemerdekaan, karena semuanya sangat berjasa. Sang Dwi Tunggal Soekarno-Hatta menjadi ujung tombak lewat proklamasinya. Namun, Secara khusus, saya tetap memberikan penghormatan tertinggi kepada Hadratusy Syaikh KH. Hasyim Asy'ari, pendiri Nahdlatul Ulama yang kharismatik. Betapa fatwa jihad beliau nyata-nyata menggerakkan semangat bangsa untuk berjuang meraih kemerdekaan. Betapa beilau rela disiksa penjajah Jepang demi menyelamatkan pondok dan santrinya, demi memberikan ruang bagi pengikutnya untuk berjuang.

Siapa Sosok Saat Ini yang Menurut Rifqy Pantas Menjadi Pahlawan? 
Pahlawan saat ini? Saya harus memberikan tempat teratas kepada kedua orang tua saya, Bapak Ibu saya. Mereka berdua adalah pahlawan sejak saya lahir, tumbuh balita, bersekolah hingga saat ini. Saya harus bersyukur memiliki mereka berdua, yang menjadi tameng hidup di rumah dan kehidupan sehari-hari. Sosok pahlawan tanpa pamrih, yang rela bersusah payah, suka duka, bahagia, marah, demi kebaikan anak-anaknya. Kelak jika maaa depan tiba dan saya menjadi orang tua, merekalah pahlawan yang akan saya ceritakan kepada anak-anak saya kelak. Betapa sebesar saya berusaha, tak mampu saya membalas sekecil kebaikan dan pengorbanan mereka.


WINNY ALNA MARLINA

Perempuan batak asal padangsidempuan bernama Winny Alna Marlina. Jalan-jalan adalah segalanya, sudah banyak tempat yang sudah dia jelajahi.  Ada yang unik dari Winny, kataya dia tidak suka mengunjungi tempat dua kali, cukup sekali, tapi kalau diajak gratis bagaman yah? Dia punya mimpi mengunjungi sebanyak mungkin museum, iya dia suka bangen dengan Museum. Oiya, nama blognya winnyardch.wordpress.com cerita di blognya suka bikin iri, cerita perjalanannya ditulis lengkap dengan destinasi dan biayanya. jadi, berkunjung ke blognya siap-siap tabungan menipis.

Berbicara tentang Pahlawan, beliau juga punya cerita sendiri.
 
Apa Makna Hari Pahlawan bagi Winny?
Untuk menghormati para pejuang kita yang telah berkorban demi kemeredekaan sehingga kita harus mengisinya dengan belajar dan bekerja dengan baik.

Salah satu kegiatan menghormati para pahlawan dengan mengisi kemerdekaan dengan sebaik mungkin, menjauhkan diri dari perbuatan KKN dan dimulai dari diri sendiri. Melakukan perubahan dan bisa mneginspirasi orang lain serta membatu orang-orang yang memerlukan.

Siapa sih Pahlawan Nasional/Kemerdekaan favoritnya?
Sisingamangaraja, Alasannya pahlawan dari Tanah BATAK yang tidak pantang menyerah melawan penjajah, tokoh yang kuat pendiriannya tanpa pantang mundur

Siapa Sosok Saat Ini yang Menurut Winny Pantas Menjadi Pahlawan? 
Mereka yang berani tidak melakukan KKN serta mereka yang berjuang demi mengharumkan nama bangsa Indonesia.


AHMAD HASANELA

Ahmad Hasanela atau nyong Ambon, traveler dari kota Ambon yang kemarin sempat saya ulas tentang perjalanannya keliling Indonesia timur selama 150 Hari. Beliau sudah terlanjur jatuh cinta dengan keindahan Indonesia, makanya dia punya mimpi melanjutkan mimpi berikutnya mengunjungi Sumatera, Jawa dan Kalimantan. Setiap jejak perjalanannya di posting di media instagram, nama akunnya @ahmadhasanela bukan hanya foto yang keren tapi dia juga berbagi cerita setiap harinya dan berbagi tips perjalananan.

Tentang Pahlawan dan makna hari pahlawan bagi Ahmad Hasanela punya cerita sendiri.
Apa Makna Hari Pahlawan bagi Ahmad Hasanela?
Hari Pahlawan adalah hari dimana kita mengenang jasa para pahlawan yang telah mendahului kita, serta momen untuk merefleksikan lg apa yang akan kita perbuat untuk mengisi hari-hari yang kiranya bisa bermanfaat bagi sesama

Siapa sih Pahlawan Nasional/Kemerdekaan favoritnya?
Kapitan Pattimura dan Christina Martha Tiahahu, dua sosok pahlawan dari Maluku yang gigih mengusir penjajah meski dengan persenjataan yang kalah jauh.

Siapa Sosok Saat Ini yang Menurut Ahmad Hasanela Pantas Menjadi Pahlawan? 

Bagi saya, setiap orang yang berjuang dengan baik di bidangnya masing2 adalah pahlawan. Para pemimpin yang bekerja keras dan amanah untuk rakyatnya, sosok para guru yang mendidik murid2nya dengan baik, bahkan para traveler yang mengenalkan Indonesia serta menyebarka virus cinta tanah air.

Semangat hari pahlawan bukan sekedar perayaan semata, tapi bagaimana kita bisa lebih mengenal para pahlawan dan berbuat yang terbaik untuk bangsa ini karena pahlawan tidaka hanya harus selalu memegang senjata. Pahlawan masa kini bisa datang dari berbagai profesi, bisa dari orang-orang sekitar kita atau bisa juga diri kita sendiri.

Apa sih makna hari pahlawan buat kamu, sosok pahlawan idamanmu dan sosok pahlawan masa kini, tentunya kamu juga punya cerita sendiri? 


P.S all Photos taken from his/her blog

29 comments:

  1. banyak sekali pahlawan yang ada disekitar kita, pasukan kuning pun bisa saya bilang pahlawan, pahlawan yang mau bekerja membersihkan lingkungan, yup mereka dibayar, tapi mereka mau mengambil pekerjaan tersebut ketimbang menjadi orang yang tidak berguna

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya setuju tentang itu, mereka lah yang sebenarnya salah satu pahalwan masa kini.

      Delete
  2. Mari kita kenang jasa pahlawan, mengheningkan cipta mulaiiii #JadiIngetUpacara

    ReplyDelete
  3. Hampir setiap daerah di Indonesia pasti punya pahlawan yaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena pergerakan dan perlawanan dimulai dari daerah masing-masing,
      Dulu kan ada yang Jong Java, Jong Celebes, dan lain sebagainya.
      Semuanya berawal dari daerah hingga terbentuk pergerakan nasional.

      Delete
  4. Terima kasih Akbar, sudah diajak nongkrong di blognya yang kece! Semoga kita bisa meneruskan perjuangan para pahlawan bangsa ini dengan berkontribusi positif sesuai kompetensi masing-masing.

    *udah kaya pidato aja*

    *benerin jas*

    kapan-kapan ngetrip bareng lagi rame2 yuk! hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, kontribusi yang positif untuk bangsa ini sangat diharapkan dari masyarakatnya sendiri.
      Jadi kapan nih kita jalan bareng lagi?

      Delete
  5. So inspiring, thanks for sharing! Memang pahlawan itu punya arti yang besar banget, karena tanpa mereka, tak mungkin kita bisa jadi seperti sekarang. Bagi saya, semua orang adalah pahlawan dalam konteks tertentu, karena tak ada orang yang ada di dunia ini dengan tidak membawa makna dan manfaat apa-apa. Gelar hanyalah pengakuan, di mata Tuhan kita semua sama maknanya :hehe, hanya amal ibadah yang jadi pembeda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks, semoga kita bisa menularkan hal-hal yang baik buat bangsa ini.
      Pahlawan atau bukan pahlawan itu hanyalah sebuah gelar semata, namun yang terpenting Apakah kita sudah memberikan yang terbaik?

      Delete
  6. kalau diajak gratis tergantung tempatnya bar :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohw, gitu.
      Kalau gitu coba sebutkan tempat yang sudah kamu datangi tapi masih pengen kembali lagi?
      Siapa tau ada yang berbaik hati mau wujudkan keinginanmu.

      Delete
  7. Thanks for sharing ya Mas dan para travel blogger lainnya.

    Duh, kalo ditanya makna pahlawan, bagi saya mereka adalah orang-orang yang menjadi teladan, bahwa cita-cita itu diperjuangkan, didatangkan oleh usaha dan sikap pantang menyerah. Pahlawan yang sampai saat ini jadi idola saya, Jendral Sudirman. Karena beliau, walaupun sakit, tapi cita-citanya demi Indonesia yang lebih baik, siap bergerilya walaupun beliau dalam keadaan sakit. Sementara pahlawan bagi saya, hmm
    ... banyak. Salah satunya Mama dan Papa yang terus berjuang mendukung saya untuk memiliki cita-cita yang tinggi.

    ReplyDelete
  8. wah, post-nya mantap Akbar!
    sayang belum bisa join nih, hehehe... mirip seperti kak Fahmi & kak Ocit, pahlawan saya saat ini adalah ortu dan juga keluarga & teman-teman. Tanpa mereka, apalah diriku... :)

    ReplyDelete
  9. asal jangan jadi pahlawan kesiangan aja yah kak

    ReplyDelete
  10. kamu pahlawan juga lho kak, kalo gak karena dirimu aku gak akan nulis se-serius ini :P
    *padahal cuma dikit* *dikeplak*

    ReplyDelete
  11. Pahlawan emang bisa dimana-mana pokoknya yang berjuang bukan demi dirinya tapi demi yang lebih besar daripada itu

    ReplyDelete
  12. Mantabbb,,, Menghormati para pahlawan kita dan mengisi kemerdekaan ini dengan sebaik - baiknya,,, Maju terus pantang mundur,,,, salam kenal kak Akbar

    ReplyDelete
  13. Semangat, Akbar. Tanpa kita sadari, semua kita adalah pahlawan bagi diri sendiri, juga bagi orang lain. :)

    ReplyDelete
  14. Fotonya bagus-bagus banget.....
    silau nih mata.
    Jadi laper...
    eh.. loh??
    O_O

    ReplyDelete
  15. para blogger traveller bisa juga jadi pahlawan untuk industri pariwisata kita loh

    ReplyDelete
  16. kereeen, para blogger hits yang selalu menginspirasi

    ReplyDelete
  17. Mereka yang berjasa bagi kehidupan kita...
    http://lombokwandertour.com

    ReplyDelete
  18. Pahlawan yang paling aku kagumi ibuku tercinta, seseorang sudah banyak berkorban demi anak-anaknya. tanpa beliau aku mah apa atuh :)

    ReplyDelete
  19. arti hari pahlawan bagi saya sih itu hari yg harus direnungkan dan diingat selalu karena dibalik hari itu ada tiap tetes darah pahlawan yg tidak lain dan tidak bukan nenek moyang kita sendiri dalam membela bangsa dan tanah air ini (y)

    ReplyDelete
  20. mantep gan...
    loe emang udah pantes jadi pahlawan, hehe
    salam kenal gan

    ReplyDelete
  21. Arti definisi dari pahlawan untuk setiap org sih beda-beda yah, jd tergantung org nya sih..btw foto terakhir paling keren, jd pingin kesana ih

    ReplyDelete
  22. kita harus berterima kasih pada pahlawan. tanpa jasanya kita tidak akan bisa sebebas ini kalau mau jalan - jalan. salam kenal

    ReplyDelete
  23. Hargai para pahlawan yang telah berjasa

    ReplyDelete

Pembaca yang baik yang meninggalkan komentar